GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Ragam Warna Burung Bangau

Umumnya bangau terbagi dalam dua warna dominan. Yakni bangau Hitam dan Bangau Putih termasuk dalam Ordo Ciconiiformes, Family Ciconiidae, dan Genus Ciconia. Orang akan bisa salah mengartikan perbedaan keduanya, karena keduanya sangat mirip, tetapi jika penampilannya hampir sama kecuali bulu, burung-burung cantik ini memiliki kebiasaan dan perilaku mereka sendiri. Warna lain diluar dominan jarang sekali muncul, merah, kuning dominan, atau kecoklatan hanya terjadi deviasi dalam satu kelompok.

 

Kedua spesies warna bangau sejatinya juga tidak hitam putih, melainkan menunjukkan tiga warna utama seperti hitam, putih dan merah. Pada bangau putih misalnya, kepala, leher, bagian bawah, ekor, dan mantel putih murni sangat kontras dengan bulu penerbangan primer dan sekunder hitam. Paruh panjang dan kakinya berwarna merah. Mata berwarna coklat sampai abu-abu.

 

Bangau remaja lebih kusam daripada bangau dewasa dan bagian-bagiannya yang telanjang berwarna abu-abu muda sampai abu-abu. Bangau Putih sedikit lebih besar dari Bangau Hitam. Bangau Hitam memiliki bulu hitam yang menunjukkan kilau hijau dan ungu. Payudara bagian bawah, perut, lubang angin, dan paha berwarna putih. Bagian yang telanjang, paruh, kaki dan cincin mata lebar berwarna merah. Bangau remaja lebih kusam dan kecoklatan, dengan bagian telanjang abu-abu kehijauan.

 

Kedua bangau berburu dengan berjalan lambat, mengawasi mangsa. Ketika mangsa terdeteksi oleh penglihatan, mereka merebutnya dengan tagihan panjang. Bangau putih mencari makan di daerah yang lebih kering daripada Bangau Hitam yang sering berburu di perairan dangkal, tetapi keduanya membutuhkan daerah basah untuk mencari makan. Bangau Hitam memakan terutama ikan sedangkan Bangau Putih lebih memilih mamalia kecil. Mangsa mereka yang biasa termasuk ikan, amfibi, reptil, mamalia kecil, serangga besar, dan makanan apa pun yang tersedia. Mangsa inilah menurut penelitian di Spanyol turut membentuk warna-warna pada bangau Bangau berkembang biak di bagian Eropa yang hangat dan penuh rawa, saat musim panas mereka terbang ke Afrika Barat Laut, India Barat Daya hingga berakhir di Indonesia. Kini bangau berada dalam status konservasi.