GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Mengatasi Soal Tes Masuk Fakultas Kedokteran Melalui Bimbel

Memasuki fakultas kedokteran memang menjadi prestise sendiri. Sekian banyak orang tua akan bangga jika anaknya menjadi seorang calon dokter. Anda yang bercita-cita jadi dokter dengan demikian juga membawa kebanggaan tersebut. Namun terkadang hal itu jadi beban. Selain itu, ada kalanya harapan jauh dari kenyataan. Meskipun sudah mempersiapkan diri dengan baik, anda bisa tidak lulus tes. Lalu jatuh terpuruk, dan malas mencoba lagi. Jangan seperti itu. Memilih fakultas kedokteran jika itu terbaik dan anda menyukainya harus diperjuangkan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan jika Anda ingin memasuki fakultas kedokteran. Ikut bimbel kedokteran jadi salah satu yang wajib dilakukan. Karena sepengetahuan kami tidak ada yang ikut test atau seleksi ujian masuk fakultas kedokteran tanpa mengikuti bimbel khusus. Karena setiap fakultas diuntungkan oleh keberadaan para bimbel yang benar-benar bisa menjamin mutu tiap lulusan jadi yang terbaik di antara yang terbaik.

Hal itu menjadi simbiosis mutualisme atara penyelenggara bimbel dengan panitia seleksi penerimaan fakultas kedokteran. Pihak bimbel akan mendapatkan siswa dan siswi pembelajar, sementara pihak seleksi mendapatkan calon mahasiswa yang benar-benar mampu mengikuti seleksi yang grade nya makin dipasang tinggi. Jadi jangan sia-siakan waktu anda, bahkan jika anda mengambil gap year demi persiapan seleksi masuk ke fakultas kedokteran. Ikuti bimbel pilihan yang berpengalaman baik banyak meluluskan siswa dan siswi bimbingannya ke kampus favorit anda.

Sebelumnya tentu ada empat hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih fakultas kedokteran favorit: pertama kampus mana yang jadi prioritas Anda? Kedua bagaimana persyaratan penerimaannya? Ketiga bagaimana akreditasi-nya? Dan terakhir adalah pembagian jurusan yang dituju, atau spesialisasi kedokterannya, apakah paru, gigi, jiwa, dst?

Apalagi, menentukan sekolah kedokteran terbaik adalah proses yang sulit. Pemeringkatan yang dipublikasikan memuat daftar sekolah kedokteran berdasarkan kriteria tertentu dan setiap item ditimbang menurut kepentingan relatifnya. Namun, prioritas organisasi pemeringkatan mungkin tidak sesuai dengan prioritas Anda. Sebagai contoh, banyak organisasi peringkat menempatkan nilai tinggi pada lingkungan fisik sekolah, termasuk bangunan dan jumlah ruang terbuka. Sebagai mahasiswa kedokteran, Anda dapat memutuskan bahwa barang-barang ini memiliki nilai lebih rendah untuk Anda, tetapi perumahan keluarga bersubsidi dekat kampus jauh lebih penting.

Jangan Terpaku Nilai Ujian Yang Tinggi Saat Kelulusan SMA

Agar memenuhi syarat untuk masuk ke sekolah kedokteran, kombinasi nilai tinggi di sekolah menengah memang jadi pertimbangan, tap kadang tidak berlaku saat seleksi dimulai. Pihak seleksi tidak serta merta menguji siapapun untuk memasuki fakultas ini, ada pengetahuan mendasar yang diperlukan untuk bisa mengatasi ujian, soal-soal yang diujikan akan berputar pada masalah pengetahuan dasar yang menunjang kedokteran.

Soal-soal berputar pada wilayah yang menuntut pemahaman bio, atau seputar mahluk hidup. Misalkan biologi terutama biologi, masalah penyakit, virus, mikroba, anatomi manusia, juga kimia, sebagian fisika, dan matematika, juga bahasa Inggris, jika mampu bahasa latin akan jadi nilai plus tersendiri. Nilai anda yang tinggi saat SMA tidak berpengaruh lebih jauh karena kredensinya lebih umum, anda harus miliki nilai khusus tinggi di wilayah yang dibutuhkan oleh kedokteran.

Banyak juga fakultas yang mengharuskan peserta ujian untuk menyelesaikan tes lanjutan untuk menentukan tingkat pengetahuan dan kesesuaian mereka untuk masuk kedokteran. Ikut bimbel jelas akan menyederhanakan bagian ini. Setiap bimbel mengetahui mana saja soal yang akan keluar dan apa yang diharapkan suatu kampus pada calon mahasiswanya.

Jika Anda mencari sekolah kedokteran terbaik di Indonesia, dalam hal ini orang menyebut FKUI maka perhatikan bahwa standar penerimaannya jelas lebih tinggi yang mencerminkan peningkatan peserta yang ingin masuk ke sekolah negeri terbaik. Dengan demikian, hanya siswa dengan kombinasi nilai terbaik, kepribadian, nilai ujian, rekomendasi lewat telusur minat bakat, yang bisa mengisi jatah kursinya. Jika Anda belum memiliki nilai terbaik dari yang terbaik, maka kenali diri sendiri, jika benar tidak mampu, pertimbangkan kembali, dan cari alternatif mendaftar ke kampus lain yang menawarkan program kedokteran alternatif demi membantu karier Anda nanti. Jika mampu maka berjuanglah.

Cermati Akreditasi

Saat mencari sekolah kedokteran alternatif, hal pertama yang diperiksa adalah status akreditasi. Sekolah terakreditasi telah ditinjau oleh negara, penilaiannya independen dan telah memeriksa kebijakan akademik dan administrasi, serta fasilitas untuk mencapai gradasi umum. Dari sini calon mahasiswa akan terbantu oleh akreditasi.

Jika akreditasinya baik, maka fasilitas pengajarannya sangat baik juga. Kampus terakreditasi juga dapat menawarkan mahasiswa nya akses ke program bantuan beasiswa pemerintah, kopertis, dan terafiliasi pada rumah sakit yang bagus untuk bisa berkerja sebagai internir atau calon dokter umum. Bahkan ada tahapan lain yang sebenarnya menantang dan melelahkan sebagai mahasiswa kedokteran.

Kuliah di kedokteran adalah menjalankan misi kemanusiaan sekaligus, sehingga itu akan ditampakkan dalam jenis tesnya. Bukan semata menjadi seorang dokter, kandidat harus juga menjadi manusia yang unggul, bermasyarakat, penuh kebajikan, mampu menempatkan diri dalam situasi sulit dengan bijak. Menjadi dokter adalah sekaligus menjadi manusia terunggul dari yang lain. Hal itu akan muncul dalam ujian anda.