GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Tanaman herbal untuk hernia

Tentunya, kita semua ingin sehat. Kesehatan adalah anugerah yang mahal. Maka, harus dijaga dengan sebaik baiknya.

Kondisi kesehatan setiap orang berbeda beda. Begitu juga penyakit yang bisa saja menyerang juga bermacam macam, baik pada perempuan maupun pada laki laki.

Seperti misalnya penyakit hernia, ini hanya terjadi pada kaki laki. Baik bayi, maupun dewasa. Apa itu hernia dan bagaimana cara mengobatinya ?

Sekilas hernia

Pixabay.com

Hernia (turun berok) merupakan penyakit dialami laki laki tanpa batas usia. Mulai dari bayi sampai dewasa. Hernia adalah kondisi turunya buah zakar, karena lapisan otot di dinding perut melemah. Penderita hernia akan merasa nyeri kalau terinfeksi di dalamnya.

Sedangkan pada orang dewasa, hernia disebabkan akibat tekanan dalam rongga perut. Pemicunya usia yang disebabkan lemahnya otot.

Hernia yang dialami anak anak, disebabkan kurangnya prosesus vaginalis untuk menutup seiring dengan turunnya buah zakar.

Hernia, biasanya banyak diderita orang tinggal di perkotaan yang biasa dengan aktivitas rutin. Otot otot bagian badan tertentu kurang bergerak dan terlatih, jadi lebih lemah, terutama otot bagian perut.

Ada beberapa jenis penyakit hernia. Yakni hernia bawaan, dan berdasarkan letaknya, hernia terbagi menjadi hernia diafragma, ditandai dengan menonjolnya organ perut ke dalam rongga dada lewat lubang diafragma.

Sedangkan menurut sifatnya, ada hernia reponibel, hernia irreponibel.

Konsumsi adas, cegah hernia

Hernia merupakan penyakit yang lazimnya dialami pria tanpa kenal usia. Dari mulai bayi sampai dewasa, bisa terserang penyakit ini.

Untuk obati hernia, biasanya paling efektif dengan operasi. Tapi, bukan berarti tak ada cara lain. Sebab operasi tak selalu jadi solusi.

Untuk mengobati hernia selain operasi, bisa gunakan obat herbal dari tanaman. Salah satunya menggunakan tanaman adas.

Tanaman herbal satu ini memang punya banyak manfaat. Adas bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia.

Kandungan adas terdiri dari anetol, minyak atsiri,fenkon, pinen, limonen, dipenten, felandren, metilchavikol, anisaldehid, minyak lemak dan asam anisa.

Manfaat buah adas yang sudah dimasak dan dijemur kering, bisa jadi obat hernia alami. Buah adas matang hasilkan minyak adas yang berkhasiat seperti antibakteri, karminatif, stimulan dan antelmintik.

Adas sendiri sudah dikenali seluruh dunia sebagai tanaman herbal. Namun tak cuma dijadikan obat, adas juga dijadikan bumbu dapur karena aromanya khas.

Tanaman adas hidup dan tumbuh di ketinggian rendah hingga 1800 meter dari atas permukaan laut. Dataran tinggi menjadi tempat paling cocok bagi tanaman herbal satu ini.

Di sejumlah negara seperti seperti Eropa, India, Argentina, dan Jepang. Adas merupakan tanaman berumur panjang, tingginya 50 cm-2 m dengan tumbuh merumpun.

Adas berwarna hijau saat masih muda. Sedangkan warna tuanya coklat agak kuning atau agak hijau sampai sepenuhnya kecoklatan. Tapi uniknya, warna buahnya di setiap negara berbeda beda.

Buah adas yang sudah matang aromanya khas. Rasanya mirip kamper.

Adas juga bisa hasilkan minyak adas, hasil sulingan serbuk tanaman adas yang sudah kering dan matang.

Minyak adas terdiri dua jenis, yakni minyak adas pahit dan minyak adas manis. Minyak ini sering dimanfaatkan untuk industri farmasi.

Selain dijadikan obat hernia, dan penyakit lainya, adas juga sering digunakan untuk bumbu masak karena aromanya harum dan khas.

Manfaat adas

Adas bermanfaat untuk obati hernia tanpa operasi. Selain itu, tanaman herbal satu ini juga terbukti bisa bantu obati berbagai macam penyakit secara alami dan aman. Seperti obat sakit perut, kembung, mual, muntah, asma, nyeri haid, kurang nafsu makan, sakit kuning.

Selain itu, adas juga bisa bantu obati keracunan obat dan jamur, hingga rematik dan masih banyak lagi. Adas juga tingkatkan penglihatan, cegah batuk. Minyak adas bagi bayi juga bisa meredakan kolik, bahkan bayi yang diberi produk dari minyak adas, jangka waktu menangisinya lebih pendek.

Cara pemakaian adas untuk hernia

Berikut ini cara pemakaian adas untuk obati hernia.

Siapkan sebanyak 3-9 gram adas. Lalu rebus sampai air mendidih, angkat.

Selanjutnya, saring airnya dan minum saat hangat. Adas juga bisa dikonsumsi dengan digiling halus lebih dulu. Kemudian diseduh pakai air. Serta bisa juga langsung dikonsumsi sebagai sayuran.

Untuk obati penyakit luar, adas kering digiling halus. Kemudian dipakai untuk obat sariawan, sakit gigi dan luka. Gosokan ke tubuh untuk obati masuk angin

Kandungan dan Komposisi Adas

Adas memiliki kandungan sifat kimiawi dan efek farmakologis. Juga mengandung aromatik, rasanya pedas, sedikit manis, hangat, masuk meridian ginjal, limpa, hati, lambung.

Kandungan anetol pada adas, juga keluarkan aroma khas dan berkhasiat. Untuk akar dan biji adas, mengandung stigmasterol.

Efek Samping Adas

Pixabay.com

Meski sangat berkhasiat, namun mengkonsumsi adas untuk obat hernia tetap harus diperhatikan efek sampingnya. Pastikan dosis yang digunakan tepat

Sebab, walau jarang terjadi, adas bisa sebabkan masalah usus dan timbulkan kejang. Beberapa orang merasakan alergi terhadap adas. Adas juga membuat kulit lebih sensitif, terhadap sinar matahari.

Nah itulah tadi tanaman adas untuk obati hernia secara aman dan alami yang umumnya digunakan di dalam komposisi dari obat hernia di produsen herbal ternama.  Namun, untuk mendapatkan penanganan terbaik jika mengalami hernia, sebaiknya periksakan ke dokter. Semoga informasi ini bermanfaat.