GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

6 Tata Cara Pindah Rumah Menurut Islam

Rumah merupakan tempat untuk berlindung, beristirahat, serta berkumpul dan menjadi salah satu kebutuhan dasar manusia selain pakaian dan makanan.

Didalam islam pada saat pindah rumah tidak terdapat perhitungan maupun menggunakan penanggalan khusus, karena semua hari dianggap baik dan diperbolehkan untuk pindah rumah kapan dan kemana saja, dengan mengharap kebaikan ridho dari Allah SWT.

Tujuan dari pindah rumah bukan hanya sebuah ritual melainkan sebagai sikap tenggan rasa sesama manusia, selain itu tidak hanya agar rumah menjadi berkah dan tentram, akan tetapi juga agar kehidupan dalam bertetangga terjalin dengan rukun sebagaimana yang diajarkan dalam islam. Dan cara pindah rumah semuanya diserahkan kepada pemilik rumah sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

6 Tata Cara Pindah Rumah Menurut Islam

Ada beberapa tata cara pindah rumah menurut islam yang dapat anda ketahui, sebelum menempati rumah baru melalui distributor kontraktor acp seven jakarta, sehingga anda dapat merencanakan sebelumnya hal apa saja yang harus dilakukan pada saat menempati rumah baru. Berikut tata caranya yaitu:

  1. Bersyukur kepada Allah SWT

Bagi semua orang pasti akan merasa senang jika memiliki rumah, tempat untuk beristirahat dan juga berkumpul bersama dengan keluarga, maka dari itu wajib anda syukuri karena rumah merupakan salah satu nikmat rezeki dari Allah SWT. Sehingga anda harus senantiasa mengingat bahwa setiap nikmat merupakan pemberian dan campur tangan dari Allah, karena bukan murni dari diri sendiri saja. Bentuk syukur pada saat anda menempati rumah baru dapat disempurnakan dengan mengadakan acara syukuran dengan mengundang orang-orang untuk berkunjung dan makan. Syukuran tersebut dilaksanakan apabila rumah sudah dapat ditempati atau sudah ditinggali, orang-orang yang diundang dalam acara tersebut adalah keluarga, saudara, rekan kerja, tetangga pada rumah sebelumnya, dan tetangga sekitar rumah yang baru. Dengan acara tersebut dapat memberikan kegembiraan untuk orang-orang yang diundang dan menjalin silaturahmi.

  1. Perkenalan dengan masyarakat atau tetangga sekitar

Perkenalan dengan masyarakat atau tetangga sekitar sebaiknya dilakukan setelah acara syukuran, baik itu dengan menyapa tetangga pada saat melewati atau bertemu dan berkunjung ke rumah tetangga sekitar yang dekat pada hari libur maupun pada saat waktu luang. Sebagai warga yang baru menempati rumah, maka wajib beradaptasi dengan lingkungan sekitar. tetangga merupakan orang yang paling dekat dan seperti keluarga sendiri, disaat merasa kesusahan atau terkena musibah, terkadang  tetangga yang dapat lebih banyak membantu daripada saudara, maka dari itu wajib menjalin hubungan yang harmonis dengan tetangga, berusaha saling mengenal, dan tidak membuat pertikaian. Dengan adanya perkenalan dan silaturahmi anda dapat saling berbagi informasi seperti tentang acara rutin yang diadakan di sekitar rumah anda misalnya acara arisan, kerja bakti, pengajian, dan yang lainnya. Dengan cara tersebut dapat memperbanyak silaturahmi dan hubungan dengan tetangga dapat berlangsung baik atau harmonis.

  1. Membaca salam dan doa pada saat masuk rumah baru

Pada saat anda sampai dirumah, maka anda tidak ingin disertai oleh syaitan, amalam doa yang seringkali lupa dilakukan pada saat menempati rumah baru, doa dapat mencegah keburukan dan akan mendatangkan kebaikan, doa yang semestinya dilakukan agar rumah yang ditinggaki dapat menjadi rumah yang nyaman, aman, dan penuh dengan keberkahan. Adapun keutamaan dari salam dalam islam yang tentunya akan menjauhkan diri dan sekitar rumah dari syaitan. Hal pertama yang dianjurkan yaitu dengan mengucapkan salam pada saat masuk rumah baru dengan mengucapkan assalamu’alaikum warohmatullah wa barokatuh. Sebaiknya ucapan salam tersebut selalu diucapkan pada saat masuk kedalam rumah, baik itu rumah baru atau lama, maupun pada saat anda berkunjung ke rumah orang lain dan baik dalam kondisi ada orang maupun tidak. Jika menempati rumah baru dianjurkan untuk memperbanyak membaca Al Qur’an.

  1. Membersihkan serta menjaga kebersihan rumah

Dalam islam yang berkaitan kebersihan dan kesucian sangat erat, setiap muslim wajib untuk menjaga kebersihan baik itu kebersihan badan maupun kebersihan rumah agar dalam melaksanakan ibadah sehari-hari dapat mencegah najis yang menempel pada tubuh dan terhindar dari hadas besar dan hadas kecil. Rumah baru sebelum ditempati harus dibersihkan terlebih dahulu secara keseluruhan agar nantinya dapat ditempati dengan nyaman.

  1. Terbebas dari segala bentuk kepercayaan syirik

Syirik merupakan kepercayaan kepada selain Allah SWT dan termasuk dosa besar dalam islam yang sangat diharamkan. Syirik berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, seperti hubungannya dengan rumah hendaknya rumah baru yang akan dihuni itu terbebas dari segala benda yang diharamkan untuk dipajang seperti patung bernyawa maupun gambar bernyawa. Karena hal seperti itu akan membuat malaikat-malaikat pembawa berkah atau malaikat rahmah tidak dapat masuk.

  1. Perbanyak shalat dan membaca Al-Qur’an

Rumah yang sering dibacakan Al-Qur’an akan tampak terang benderang menurut pandangan Allah SWT, cahaya tersebut bukan dari sinar lampu rumah akan tetapi berasal dari ayat-ayat Al-Qur’an yang dibaca sehingga bacaan Al-Qur’an yang dilantunkan menjadi sinar yang akan menerangi hati dan juga menjadi cahaya illahi.

Bagi anda yang akan menempati rumah baru melalui distributor kontraktor acp seven jakarta, ada baiknya mengetahui tata cara pindah rumah menurut islam. Agar dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.