GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Tips Membeli Motor Lelang Harga Murah

Lelang motor menarik minat banyak orang karena bisa mendapatkan motor dengan harga yang murah. Untuk mendapatkan harga yang murah tergantung dari kondisi motor dan penawaran dari para pembeli. Jika beruntung, Anda bahkan bisa mendapatkan motor baru. Namun sebagian besar masyarakat masih belum tahu cara membeli motor melalui lelang. Berikut tips membeli motor lelang yang bisa dicoba.

Tips – Tips Membeli Motor Lelang

  1. Cek Fisik Motor secara Langsung

Tips membeli motor lelang yang pertama adalah mengecek bodi fisik motor secara langsung. Pastikan motor yang ingin dibeli sesuai dengan keinginan sebelum mulai melakukan penawaran. Mulai dari kondisi motor hingga owner manual guide pdf nya sebaiknya dicek secara menyeluruh. Hal ini dilakukan agar tidak merasa kecewa ketika sudah melakukan transaksi jual beli.

Balai lelang kendaraan biasanya sudah melakukan pengecekan untuk diinformasikan kepada calon pembeli. Mulai dari informasi mesin motor hingga eksterior motor seharusnya sudah disiapkan oleh pihak lelang. Selanjutnya konsumen bisa menentukan harga dasar dari motor yang dilelang sesuai dengan keadaan fisik motor.

Tidak semua motor yang dilelang dalam keadaan bagus dan baru, tak jarang banyak motor yang sebenarnya tidak layak. Balai lelang kendaraan sekarang memperbolehkan calon pembeli untuk menghidupkan motor guna mendengarkan suara mesin. Dari sini akan ketahuan mana mesin yang rusak dan mana mesin yang bagus.

  1. Cek Dokumen Motor

Melakukan pengecekan dokumen motor sangatlah penting. Perlu dipastikan apakah dokumen – dokumen sudah sesuai dengan fisik motor atau belum. Dokumen – dokumen penting yang dimaksud di antaranya BPKB dan tahun pajak, nomor rangka dan nomor mesin, juga owner manual pdf. Semua harus diperiksa secara teliti demi keamanan ke depannya.

  1. Cek Harga Pasaran Motor

Tips membeli motor lelang berikutnya adalah melakukan pengecekan harga pasaran motor yang diincar. Bila sudah mengetahui kondisi fisik motor serta kelengkapan dokumen, segera lakukan pengecekan ulang harga motor incaran di pasaran. Bandingkan harga pasaran dengan harga yang tercantum pada daftar lelang yang diberikan oleh balai lelang kendaraan.

Untuk itu sebaiknya memilih tempat dan juga menjadwalkan waktu yang tepat agar tidak terburu – buru ketika melakukan transaksi. Pikiran harus dalam keadaan tenang ketika mengambil keputusan untuk membeli motor atau tidak. Tetapkan standar dan batasan harga sesuai dengan harga pasaran yang sudah dicek sebelumnya saat melakukan lelang motor. Harga motor lelang biasanya 10 – 20 persen lebih murah.

  1. Tentukan Anggaran

Dalam mengikuti lelang kendaraan disarankan untuk tidak terlalu agresif pada saat melakukan penawaran. Saat sudah mengetahui kondisi fisik, kelengkapan dokumen motor, dan harga pasaran motor sebaiknya tentukan anggaran yang dimiliki. Untuk mendapatkan motor dengan harga murah ketika lelang harus menentukan anggaran agar tidak melewati harga pasar.

Selain itu ketika lelang motor di balai lelang akan ada sekitar 20 hingga 30 motor yang akan dilelang. Pastikan motor yang ingin Anda beli sejak awal dan fokus mencari motor tersebut. Jangan mudah tergoda dengan motor lain yang mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan awal. Tetap pada anggaran yang sudah ditentukan agar tidak menyesal setelah membeli motor tersebut.

  1. Pilih Balai Lelang Terpercaya

Tips berikutnya adalah mencari balai lelang yang terpercaya. Jangan hanya tergiur harga murah pada daftar, tetapi lakukan pengecekan apakah balai lelang tersebut terpercaya. Bila memungkinkan pilihlah balai lelang kendaraan yang dapat membantu jika motor lelang tersebut ada masalah dengan dokumen – dokumen nya. Beberapa kendaraan yang ditawarkan di balai lelang memiliki kasus dengan pemilik sebelumnya.

Konsumen awal yang tidak terima motor nya ditarik akhirnya memblokir nomor polisi dengan alasan motornya hilang dicuri. Beberapa balai lelang terpercaya biasanya akan membantu dalam proses pengurusan ini. Selain itu balai lelang terpercaya akan memberikan bukti lelang motor bersamaan dengan daftar dokumen lelang.

  1. Harus Sabar

Tips membeli motor lelang yang terakhir adalah sabar. Jika menginginkan motor yang diinginkan harga murah dengan kualitas bagus sebaiknya tidak terburu – buru dalam melakukan penawaran. Konsumen harus bersabar dan menunggu sejenak agar mendapatkan harga terbaik ketika lelang.

Pentingnya menjaga kesabaran perlu dilakukan sebelum membeli motor di balai lelang. Jangan terbawa emosi. Setiap balai lelang kendaraan memiliki cara dan peraturan yang berbeda – beda ketika melakukan pelelangan.

Itulah tips membeli motor lelang yang dapat diikuti ketika mengikuti lelang. Membeli motor di balai lelang bisa dikatakan cukup aman. Kondisi motor dengan uang yang dikeluarkan akan sepadan jika mengikuti tips – tips dengan benar dan teliti.