GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Tips Memilih Baju Muslim dan Memadukan Warna Hijab

Memilih baju sebelum membelinya merupakan sesuatu yang harus diperhatikan lebih lanjut, hal ini dikarenakan proses pemilihan baju membutuhkan ketelitian dan pertimbangan yang matang agar tidak kecewa dan menyesal setelah membelinya. Terlebih bagi pakaian muslim yang harus lebih berhati-hati dimana calon pembeli harus tetap terlihat modis dengan baju yang notabene tetap mampu menutupi aurat dan lekukan tubuh. Disamping itu, bahan yang digunakan juga tidak boleh tipis atau tembus pandang sehingga hal ini menjadi pertimbangan lain dalam memilih baju muslim. Oleh sebab itu, penting untuk Anda ketahui mengenai berbagai tips yang harus dilakukan sebelum membeli baju muslim yang sesuai dengan selera Anda. Adapun beberapa tips yang penting untuk Anda ketahui ialah sebagai berikut:

Tips Memilih Baju Muslim Yang Benar

Pixabay.com
  1. Memilih baju sesuai dengan usia calon pemakainya

Baju yang pas dan sesuai dengan usia pemakainya akan memberikan kesan nyaman. Dalam hal ini terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan yakni warna, model, motif dan aksesoris. Pada umumnya baju muslim usia anak-anak ialah setelan koko dengan berbagai macam aksesoris dan warna cerah bagi anak laki-laki. Sedangkan anak perempuan biasanya berupa setelan rok ataupun gamis kecil, keduanya sama-sama memiliki warna dan motif yang cerah dan lucu. Selanjutnya mengenai model pakaian muslim dewasa biasanya memiliki corak dan motif yang kalem dan tidak terlalu banyak hiasan, warnanya juga biasanya kalem dan cenderung gelap. Hal ini bisa ditemui dalam jenis pakaian muslim laki-laki ataupun perempuan seperti misalnya koko dan gamis.

  1. Memilih baju sesuai dengan trend model yang sedang berlaku

Mengenakan baju dengan trend model yang sesuai menjadikan pemakainya nyaman dan tidak terkesan asing dalam pandangan orang lain. Baju dengan trend yang sedang berlaku pada umumnya akan diproduksi dengan jumlah banyak sehingga tidak menutup kemungkinan akan terdapat kesamaan antara satu orang dengan orang yang lainnya. Biasanya trend baju muslim akan berganti ketika bulan Ramadan atau menjelang Hari Raya Idul Fitri. Hal ini akan terlihat dari berbagai iklan ataupun katalog model gamis, baju koko, sarung dan setelan anak-anak.

  1. Memilih baju dengan warna yang sesuai dengan tone kulit. Hal ini merupakan salah satu tips yang perlu dipertimbangkan ketika memilih baju, hal ini berlaku bagi semua jenis baju, tidak hanya baju muslim saja. Disamping itu, warna hijab bagi kaum wanita juga harus dikombinasikan dengan warna kulit wajah calon pemakainya.
  2. Pilihlah jenis baju muslim sesuai dengan postur tubuh pemakainya. Hal ini bisa Anda sesuaikan, terlebih bagi kaum wanita mengingat jenis baju muslim wanita tidak hanya gamis saja, melainkan terdapat berbagai macam rok potongan ataupun celana kulot. Mengenai atasannya juga terdiri dari beberapa jenis yakni jenis tunik, blazer, outer ataupun kemeja panjang pada umumnya.
  3. Memilih baju muslim sesuai dengan situasi dan kondisi. Dalam hal ini, pemilihan baju haruslah didasarkan pada bahan yang digunakan. Seperti misalnya bahan baju muslim katun yang bisa menyerap keringat cocok digunakan ketika kondisi cuaca panas dan berbagai jenis bahan tebal lainnya bisa dikenakan dalam kondisi cuaca dingin.

Dari ke-lima tips di atas bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam membeli atau memilih baju muslim yang sesuai dengan selera dan karakter pribadi. Anda tidak perlu khawatir ketika memilihnya karena saat ini terdapat berbagai macam dan jenis baju muslim model terbaru yang mampu menutupi aurat namun tetap terlihat modis. Adapun cara untuk memperolehnya juga tergolong sangat mudah, Anda bisa membeli secara online atupun offline di toko penjual baju muslim. Selain itu, Anda juga bisa memesan baju pada Cahaya Konveksi agar ukuran dan model bisa sesuai selera dan keinginan Anda. Mengenai harga dan cara pemesanannya Anda tidak perlu khawatir karena informasinya sudah tersedia lengkap di website ataupun akun sosial media yang terkait.

Selanjutnya, masih terdapat beberapa hal yang juga tidak kalah pentingnya dan harus Anda perhatikan ketika berpakaian muslim. Salah satu diantaranya yakni dalam memilih hijab bagi kaum wanita yabg sesuai dengan baju yang dikenakan. Berikut di bawah ini ialah cara dan tips memilih hijab yang sesuai dengan baju muslim yang dikenakan.

Tips Memadukan Hijab dengan Baju Muslim

Pixabay.com

Hal pertama yang harus Anda ketahui ialah warna antara hijab dan baju yang dikenakan. Informasi lebih detail bisa Anda peroleh melalui lingkaran warna, dari situlah anda akan mendapatkan perpaduan warna yang sekiranya cocok untuk dipadukan dalam satu outfit muslim. Ketika Anda menggunakan lingkaran warna terdapat beberapa tips yang bisa diterapkan seperti:

  1. Pilihlah warna yang tampil bersebelahan dalam sebuah lingakaran warna. Warna yang berselebahn pada umumnya memiliki tone hampir mirip sehingga cocok ketika dipadukan.
  2. Pilihlah warna yng tergabung dalam sudut 90°, hal ini akan dapat terlihat dengan mudah karena panel yang digunakan berbentuk lingkaran.
  3. Pilihlah warna yang bersebrangan, meski terlihat kontras namun kedua warna ini akan sangat cocok ketika dipadukan dalam bentuk hijab dan baju muslim.