GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Jangan Sembarangan, Yuk Intip Tips Memilih Helm Sesuai Kebutuhan

Bagi pengendara sepeda motor, helm menjadi peralatan yang wajib dimiliki. Helm mampu untuk memberikan keselamatan bagi para pengendara sepeda motor. Kini, helm hadir dengan berbagai bentuk dan juga desain yang unik. Bahkan ada yang menjadikan helm sebagai koleksi pribadi. Lantas, helm seperti apa yang sebenarnya baik untuk digunakan. Berikut tips memilih helm yang harus anda ketahui agar tidak salah pilih. Simak ulasannya.

Tips Mudah Memilih Helm Terbaik Yang Wajib Diketahui

  1. Menentukan Model Yang Tepat

Seperti yang sepat disinggung sebelumnya, helm memiliki banyak model yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Apalagi helm memiliki peranan yang penting guna menjaga keselamatan bagi pengendara. Ketika terjadi kecelakaan , helm mampu untuk melindungi dari benturan. Dan terkait model, ada baiknya jika memilih sesuai dengan kegunaan serta preferensinya untuk anda. Mengingat masing masing model memiliki kegunaan berbeda.

Misalnya helm full face, helm ini menutupi seluruh kepala bahkan hingga bagian wajah. Dengan helm model ini, maka anda bisa memberikan perlindungan yang kompleks ketika dalam keadaan darurat. Umumnya helm ini digunakan untuk pembalap sirkuit karena memang akan memberikan perlindungan yang lebih maksimal. Hanya saja model helm ini, lebih berat dibandingkan dengan model helm lainnya.

Ketika menggunakannya dalam kondisi yang panas juga akan pengap. Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa memilih helm model full face yang dilengkapi dengan ventilasi. Sehingga ketika cuaca panas akan tetap nyaman untuk digunakan. Helm full face sangat cocok digunakan ketika anda berpergian jarak jauh. Sebab akan memberikan perlindungan secara utuh dan sesuai dengan keamanan yang dianjurkan ketika berpergian.

Model selanjutnya adalah model half face. Model satu ini sangat banyak ditemui dan mungkin yang paling dominan digunakan. Helm satu ini ditandai dengan kaca pelindung yang terbilang besar. Tidak menutup keseluruhan wajah, anda bisa merasakan semilir angin ketika membuka kacanya.  Untuk masalah keamanan, terbilang masih unggul karena bisa melindungi kepala dari benturan yang terjadi karena kecelakaan.

Helm half face sangat cocok digunakan dalam keseharian, dan tidak dianjurkan untuk sirkuit balap. Model helm half face ini begitu banyak dan hadir dalam beraneka warna. Lebih banyak diminati terutama para kaum hawa. Bobotnya tidak terlalu berat sehingga lebih nyaman digunakan dalam keseharian. Anda bisa menemukan berbagai merek helm model satu ini. Dan bisa dipilih sesuai dengan kesukaan anda jika memang bingung.

  1. Memperhatikan Ukuran

Tips memilih helm yang selanjutnya bisa anda lakukan adalah memperhatikan ukurannya. Ukuran helm ada baiknya disesuaikan dengan ukuran dari kepala penggunanya. Pastikan jika helm tersebut tidak terlalu sempit atau terlalu besar pada kepala anda. Helm yang ukurannya sempit akan membuat pusing jika terlalu lama memakainya. Terutama bagian kanan, kiri dan kepalanya. Belum lagi akan kesulitan untuk melepas atau menggunakannya.

Selain itu tidak dianjurkan helm memiliki ukuran yang lebih besar dari kepala pemakainya. Jika terlalu longgar juga tidak akan nyaman, terutama jika tertiup angin akan terus bergerak. Bahayanya jika helm terlalu longgar, ketika terjadi benturan akan terlepas dari kepala. Fungsi untuk melindungi tidak akan didapatkan jika helm terlalu longgar. Anda bisa mencobanya terlebih dahulu agar tidak salah ukuran helm.

Untuk mencobanya, anda bisa menggelengkan kepala ke kanan dan ke kiri. Jika digunakan terjadi pergeseran, maka helm tersebut belum benar benar pas di kepala anda. Masing masing merek memiliki ukuran yang berbeda, sehingga anda bisa memilih yang paling pas dan tentunya nyaman digunakan. Mengingat helm merupakan peralatan jangka panjang, anda akan terus menggunakannya selama berkendara dan helm belum rusak.

  1. Memilih Kaca Helm Yang Pas

Ketika memilih helm yang terbaik, anda juga harus memperhatikan kacanya. Kaca helm memiliki dua jenis yakni kaca helm yang bening dan yang memiliki warna. Masing masingnya memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. untuk kaca bening atau transparan banyak disematkan pada helm masa kini. Sangat nyaman jika digunakan pada malam hari, namun ketika siang hari kurang melindungi dari matahari.

Yang disarankan memang yang berwarna bening, untuk menghindari sinar matahari nantinya bisa menggunakan kaca mata hitam. Ketika hujan kaca bening juga tidak akan mempengaruhi penglihatan. Sementara untuk kaca yang berwarna hitam memang ada yang tidak sepenuhnya hitam. Ketika berkendara siang hari nyaman, namun saat percahayaan kurang sedikit mengganggu. Anda bisa memilih yang paling nyaman anda gunakan untuk kacanya.

  1. Memeriksa Bagian Kunci Helm

Memilih helm yang terbaik juga tak boleh mengabaikan bagian kunci helmnya. Bagian ini memegang peranan penting agar tetap aman digunakan. Pastikan jika kunci helm ini berfungsi dengan baik dan pas ketika digunakan. Kunci helm sendiri memiliki 3 macam mekanisme yang terdiri dari, Micro Metric, Double D ring dan Quick Release. Untuk Quick Release, biasanya memiliki bunyi yang khas yakni bunyi klik ketika dikunci.

Sementara untuk Micro Metic terdapat bagian bergerigi yang keduanya akan saling mengunci. Untuk Double D-ring merupakan tipe penguncian yang biasanya digunakan untuk standar balap yang keamanannya sangat tinggi. Selain pada bagian penguncian, pemilihan tali pengunci juga harus anda perhatikan. Tujuannya agar helm tidak mudah terlepas ketika terjatuh maupun terlepas, ketika terjadi benturan akan tetap di kepala pemakainya.

  1. Perhatikan Sertifikat

Selanjutnya yang tak boleh dilewatkan dalam tips memilih helm adalah sertifikatnya. Apakah sudah mengantongi sertifikat atau belum, helm dengan sertifikat berarti sudah lolos uji dan standar keamanannya telah terpenuhi. Sertifikat ini bisa berupa DOT, SNEEL atau SNI yang bisa dijadikan acuan dalam pemilihan. Helm yang memiliki sertifikat akan lebih aman dan nyaman jika digunakan dibandingkan yang tidak memiliki sertifikat.

Helm yang beredar di masyarakat memang banyak sekali model dan juga ukurannya. Selain bisa memilih sesuai selera, anda juga tidak boleh sembarangan memilihnya. Pastikan helm benar benar bisa memberikan perlindungan maksimal untuk kepala anda. Mengingat fungsi dari helm sendiri untuk menghindari benturan akibat terjatuh atau kecelakaan. Jangan sampai memilih asal asalan, dan merugikan diri sendiri.

sumber: harapanrakyat.com