GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Tips Mengatur Pola Makan Bayi Usia 7 Bulan

Setelah memasuki usia 6 bulan bayi sudah dikenalkan dengan menu baru. Pada usia 7 ini pasti perkembangan bayi lebih baik sehingga sudah bisa menerima menu baru. Biasanya di usia 7 bulan bayi sudah terbiasa dengan menu MPASI yang dikenalkan pada usia 6 bulan. Sudah melewati masa transisi untuk pengenalan MPASI maka anda bisa mulai mengatur pola makan yang baik untuk bayi anda. Pola makan pada bayi berupa jadwal pemberian makan, kebutuhan ASI, dan juga menu makanan yang diberikan. Tiga hal tersebut bisa anda jadikan patokan untuk mengatur pola makan yang baik. Ada tips yang bisa anda gunakan untuk mengatur pola makan si kecil.

Tips mengatur pola makan pada bayi di usia 7 bulan adalah dengan membuat jadwal pemberian makan. Jadwal pemberian makan ini meliputi pemberian ASI dan MPASI. Karena usia bayi sudah lebih dari 6 bulan maka ASI bukanlah menu utama lagi bagi si kecil. Namun ASI tetap berlanjut sampai usia 2 tahun. ASI tetap diberikan kepada bayi namun dengan frekuensi yang lebih sedikit. Jadwal pemberian ASI dan MPASI bisa anda buat secara bergantian. Misalnya bangun tidur ASI, pukul 07.00 diberikan MPASI, pukul 09.00 ASI. Pukul 13.00 MPASI. Pukul 15.00 ASI. Pukul 17.00 MPASI. Sedangkan untuk waktu tidur bayi bisa diberikan ASI.

Kebutuhan ASI pada bayi mulai berkurang karena sudah dikenalkan makanan semi padat. Biasanya bayi diberikan ASI 2 – 3 kali saja dalam 24 jam. Namun hal tersebut bisa mengikuti karakteristik dari bayi anda karena setiap bayi memiliki kebutuhan yang berbeda. Menu makanan yang bisa diberikan kepada bayi cukup beragam. Anda bisa mengenalkan beragam sayuran, buah, sumber karbohidrat, kacang – kacangan, dan juga daging. Menu – menu tersebut bisa diberikan kepada bayi dalam keadaan yang semi padat. Usia 7 bulan sangat penting untuk si kecil menerima MPASI. MPASI akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi bayi untuk menunjang proses pertumbuhan dan perkembangan bayi.