GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Tips Menu Makanan Ibu Menyusui Bayi Alergi Agar Nutrisi Bayi Terpenuhi

 

Saat masih dalam proses menyusui, semua makanan yang ibu konsumsi akan berpengaruh terhadap kondisi bayi. Hal ini dikarenakan ASI yang diberikan memiliki nutrisi yang didapat dari makanan yang ibu konsumsi. Oleh karena itu, ibu yang menyusui harus benar – benar memperhatikan makanan yang ia konsumsi. Akan tetapi, ada beberapa jenis makanan yang membuat bayi mengeluarkan reaksi yang berlebihan atau yang sering disebut dengan alergi. Beberapa bahan makanan yang sering menyebabkan reaksi alergi adalah udang, kacang – kacangan, dll. Lantas, makanan apa saja yang bisa dikonsumsi oleh ibu menyusui secara aman dan tidak menyebabkan reaksi alergi bayi?

Salah satu jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu yang menyusui adalah susu beras. Makanan ini bisa dikonsumsi oleh ibu menyusui yang memiliki bayi dengan kadar intoleransi laktosa yang tinggi. Sehingga, ibu tetap mendapatkan nutrisi seperti kalsium dan bayi tidak mengalami reaksi alergi terhadap kandungan laktosa yang tinggi. Bagaimana cara membuat susu beras? Ibu bisa membuatnya dari endapan sari beras yang telah dimasak secara matang sempurna. Makanan lain yang aman dikonsumsi oleh ibu menyusui dan tidak menimbulkan reaksi alergi terhadap bayi adalah daging ayam. Hal ini dikarenakan daging ayam memiliki kandungan protein yang tinggi tapi tidak menimbulkan reaksi alergi protein. Akan lebih baik jika daging ayam yang dikonsumsi adalah daging ayam kampung yang dipeliharasa secara tradisional sehingga bebas dari beberapa suntikan hormon.

Ibu yang menyusui juga bisa meminum susu almond. Kandungan vitamin E yang tinggi di dalam kacang almond dapat meningkatkan kesehatan ibu dan bayi. Selain itu, kacang almond juga memiliki toleransi yang lebih baik dibandingkan jenis kacang yang lain. Sehingga, bayi relatif lebih aman dari reaksi alergi yang sering terjadi karena mengonsumsi kacang – kacangan. Ibu juga bisa mengonsumsi ikan salmon  yang mengandung DHA yang tinggi. DHA merupakan salah satu zat yang sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang otak anak. Sehingga, bayi dapat tumbuh lebih cerdas.