GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Ragam Usaha Kecil Kecilan untuk Tambahan Penghasilan

 

Sebagai sumber tambahan penghasilan, banyak orang yang mulai membangun usaha kecil kecilan. Usaha dengan modal kecil baik secara materi dan tenaga ini biasanya dipilih sebagai usaha sampingan saja. Namun, ada pula yang memilih untuk mempunyai usaha kecil kecilan sebagai langkah awal untuk merintis bisnis bermodal besar.

Berbicara tentang usaha sebenarnya ada beberapa alasan mengapa usaha modal kecil dipilih dibandingkan usaha dengan modal besar. Lantas, apa saja yang membuat usaha ini lebih digemari? Berikut beberapa alasannya.

Alasan Memilih Usaha Kecil Kecilan

Modal Pribadi yang Terbatas

Ada banyak cara bagi pelaku usaha untuk mendapatkan modal, salah satunya adalah menggunakan uang tabungan pribadi. Dari pada mencari sumber modal lain yang berisiko, modal dari uang pribadi memang lebih nyaman dan aman digunakan. Namun, tentu saja dengan terbatasnya modal yang dimiliki, bisnis dimulai dengan usaha kecil terlebih dahulu.

Tidak Takut Rugi

Dibandingkan usaha bermodal besar, pemilik usaha kecil biasanya tidak terlalu takut dengan terjadinya kerugian akibat krisis ekonomi atau penyebab lain. sebaliknya, pemilik usaha kecil justru lebih fleksibel dan leluasa dalam mengembangkan usahanya untuk mengikuti tren di pasaran. Tak jarang, fleksibilitas ini justru membuat usaha kecil semakin berkembang.

Pekerjaan Sampingan

Bukan sebagai sumber utama penghasilan, banyak yang memiliki usaha kecil untuk mendapat tambahan uang. Selain itu, usaha ini juga biasa dilakukan untuk menyalurkan hobi. Biasanya usaha semacam ini dilakukan oleh para ibu rumah tangga, pelajar, atau mahasiswa yang ingin mendapat tambahan uang secara mandiri.

Dimulai dengan modal yang kecil, tentu banyak macam usaha yang bisa dilakukan. Usaha-usaha ini bisa didasari oleh hobi maupun keahlian dari pemilik. Berikut adalah beberapa usaha kecil yang biasa dijadikan sumber tambahan penghasilan.

Macam Usaha Kecil Kecilan

Berjualan Pulsa

Menjadi agen pulsa adalah salah satu bentuk usaha bermodal kecil yang populer. Dibutuhkan banyak orang, tentu pulsa menjadi produk yang banyak dicari. Keuntungannya pun bisa dibilang lumayan untuk tambahan penghasilan. Bila memiliki lahan, pemilik usaha biasanya juga membuka konter untuk menjual voucher dan kelengkapan ponsel lainnya.

Reseller Perlengkapan Rumah Tangga

Para pelaku usaha pasti sudah tidak asing dengan istilah reseller. Reseller atau pengecer biasanya membeli barang untuk dijual kembali. Salah satu produk menjanjikan yang bisa dijual oleh reseller adalah perlengkapan rumah tangga.

Selain hanya membutuhkan modal kecil, produk rumah tangga juga banyak dicari. Sehingga, reseller tidak kesulitan dalam mendapatkan pembeli. Saat ini banyak pula reseller yang menjual barang berdasarkan request atau permintaan pelanggan. Karena memiliki modal yang kecil, reseller sebaiknya mengambil barang dari supplier tangan pertama untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Print dan Fotokopi

Usaha kecil kecilan berikutnya adalah membuka jasa print dan fotokopi. Melakukan usaha ini bisa dilengkapi pula dengan jasa pengetikan dan juga editing. Tak perlu modal besar, usaha ini bahkan bisa dilakukan di rumah dengan memanfaatkan lahan yang ada.

Cocok sebagai usaha sampingan bagi ibu rumah tangga hingga pelajar, kini usaha print dan fotokopi juga banyak dipilih oleh para orang tua yang sudah pensiun. Selain mudah dan fleksibel, usaha ini juga menguntungkan terutama bagi yang memiliki rumah di sekitar sekolah, kantor, atau kampus. Biasanya usaha print dan fotokopi juga dilengkapi dengan penjualan alat tulis yang bisa menambah keuntungan.

Bisnis Parsel dan Hamper

Bermodal keterampilan dan kreativitas dalam mengemas barang, bisnis parsel dan hamper bisa menjadi usaha kecil yang menjanjikan. Biasanya, usaha ini akan menemukan puncak permintaan dari konsumen ketika hari raya. Meski demikian, usaha ini juga tak kenal musim. Saat ini ada banyak alasan untuk mengirim parsel dan hamper, misalnya sebagai kado, ucapan terima kasih, hingga bentuk ucapan selamat.

Agen Makanan Beku

Aktivitas harian yang padat membuat banyak orang kini memiliki gaya hidup praktis, termasuk dalam pemilihan makanan. Selain fast food yang bisa dipesan setiap saat, banyak pula ibu yang memilih untuk menyediakan lauk praktis bagi keluarga, seperti kornet, sosis, dan nugget. Peluang ini bisa dimanfaatkan untuk merintis usaha agen makanan beku, yang hanya membutuhkan freezer sebagai penyimpanan.

Meski merupakan usaha kecil kecilan, tak jarang bisnis ini justru berkembang dan menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan. Pemilik usaha disarankan untuk gencar melakukan promosi, baik melalui media sosial atau menggunakan papan reklame yang bisa dibuat di www.apkreasi.com. Dengan demikian maka lokasi usaha akan semakin dikenal dan mudah dicari.