GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

5 Lokasi Wisata yang Ada di Kota Lama Semarang

Semarang merupakan ibukota Provinsi Jawa Tengah yang menyimpan berbagai warisan budaya dan pemandangan alam yang menarik. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Kota semarang, maka dapat menjadikan artikel dari pengindolan berikut sebagai bahan referensi, khususnya yang datang ke Kota Lama. Setidaknya ada lebih dari 50 bangunan dengan gaya arsitektur Eropa dapat ditemukan di sini.

Pada awalnya, lokasi ini dibangun sebagai benteng pertahanan, namun tahun 1824 dibongkar dan kemudian dibangun nama-nama jalan untuk mengenangnya. Arsitektur pada area ini sangat menarik dan sudah dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman. Ada banyak spot terbaik yang bisa membuat pengunjung rileks dan melepaskan stres.

5 Lokasi Wisata yang Ada di Kota Lama Semarang

Ada berbagai bangunan dengan berbagai jenis fungsi yang penuh estetika yang dapat Anda jadikan sebagai latar belakang saat berfoto. Keanekaragaman ini membuat wisatawan banyak yang berkunjung ke kawasan wisata Kota Lama. Salah satunya juga untuk menelusuri jejak sejarah tempo dulu sebagai tambahan wawasan mengenai Bangsa Indonesia.

Sebagai tambahan, biaya masuk tidak ada dikenakan bagi pengunjung alias gratis. Hal ini akan menghemat dana perjalanan Anda. Kawasan ini dibuka selama 24 jam untuk pengunjung. Lokasinya berada di Jalan Gelatik No. 35, Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Kota ini dapat dicapai dengan transportasi darat maupun udara. Berikut adalah lokasi wisata yang ada di area ini:

  1. Wisata Kuliner Kota Lama

Wisata kuliner merupakan salah satu jenis wisata yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Salah satu tempat kuliner yang paling terkenal di Kota Lama Semarang adalah Nasi goreng Babat Pak Karmin. Berada tepat di sebelah jembatan Mberok membuat makanan yang satu ini mudah dicari. Nasi goreng ini sudah berdiri semenjak lima dekade yang lalu.

Kuliner lainnya adalah Gulai Gustaman pak Sabar. Lokasinya di belakang Gereja Bleduk sehingga tidak akan sulit ditemukan. Sajian yang disuguhkan adalah gulai sapi dengan kuah yang tidak terbuat dari santan. Resep masakan ini sudah dibuat semenjak tahu 1970an. Untuk satu porsi, Anda membayar sebesar Rp. 30.000.

  1. Dream Museum Zone (DMZ)

Sebuah museum unik yang sayang untuk dilewatkan adalah Dream Museum Zone (DMZ). Di sini Anda dapat mengambil foto dengan latar belakang 12 ruangan yang ada. Spot foto yang ada berkisar antara 5 sampai 7 buah. Apabila Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal dapat meminta bantuan pada petugas. Ada berbagai lukisan tiga dimensi yang akan membuat foto menjadi unik.

Bagi Anda yang sangat suka kegiatan indoor, maka dapat mengunjungi Dream Museum Zone (DMZ). Apalagi bagi yang memiliki hobi fotografi ataupun sekadar mengambil foto untuk di upload ke akun instagram. Hal ini akan membuat imajinasi dan kreativitas Anda menjadi meningkat. Untuk menemukan tempat ini, Anda cukup berjalan sedikit dari Gereja Bleduk.

  1. Pasar Klitikan

Kolektor barang antik mungkin tidak asing lagi dengan Pasar Klitikan. Berbagai koleksi barang antik pada awalnya dijual di tenda-tenda di sekitar Taman Srigunting. Dari waktu ke waktu peningkatan terjadi dari jumlah pembeli di pasar ini, sehingga dipindahkan ke bangunan permanen seperti sekarang. Barang yang dijual cukup beragam, mulai dari uang kuno sampai dengan motor bebek yang jadul.

  1. Gereja Blenduk

Gereja Blenduk dibangu pada abad ke 18 tepatnya pada tahun 1753. Awalnya, tempat ini berupa joglo yang kemudian direnovasi. Gereja ini merupakan yang tertua di Jawa tengah. Kubah yang berbentuk cembung atau mbleduk merupakan asal nama dari destinasi wisata tersebut. Pembangunan kawasan ini terpengaruh oleh neo-gothik ala eropa dan sangat eksotis.

  1. Taman Srigunting

Para wisatawan dapat melihat Taman Srigunting pada pusat area Kota Lama. Dahulunya, taman ini adalah tempat pemakaman umum, kemudian berubah menjadi tempat berlatih bagi tentara dan diberi nama awalnya “Parade Plein”. Banyak para pelancong yang menjadikan lokasi tersebut sebagai titik kumpul ketika mengikuti tur sejarah. Area terbuka pada taman dijadikan sebagai tempat istirahat melepas lelah.

Taman Srigunting juga menyediakan jasa sewa sepeda atau skuter bagi pengunjung yang berminat. Penyewaan juga bisa dilakukan melalui telepon genggam yaitu aplikasi Gowes ataupun dibantu secara langsung oleh petugas. Hal ini membuat tur sejarah yang dilakukan menjadi lebih mengasyikkan. Tour guide atau pemandu wisata dapat dimanfaatkan untuk mempelajari secara mendalam sejarah tempat ini.