GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Yuk Intip Cara Membedakan Kepodang Jantan Dan Betina

Berbicara mengenai si burung Kepodang, hal pertama akan terbayangkan adalah warna tubuhnya yang menawan. Bahkan burung pesolek satu ini, terkenal akan kemampuan dalam bidang tarik suara, sehingga menarik untuk dipelihara. Namun sayangnya burung ini termasuk sebagai burung monomorfik, sehingga akan sedikit sulit untuk dibedakan mana yang jantan dan sang betina. Agar tidak salah membeli, berikut cara membedakan Kepodang jantan dan betina.

Cara Mudah Membedakan Sang Jantan dan Betina

  1. Dilihat dari Topeng

Sejak pertama kali melihatnya, kemungkinan anda akan melihat bagian bulu matanya yang berwarna hitam bak memakai topeng. Selain mempercantik tampilan, siapa sangka jika bagian topengnya tersebut justru bisa menjadi ciri khas untuk membedakan antara sang jantan serta betinanya. Khusus pada sang jantan, topeng tampak lebih tipis namun lancip ke bagian belakang. Berbeda dengan topeng sang betina yang melebar  pada bagian ujungnya.

  1. Dilihat dari Ekornya

Selain dilihat dari bagian topeng, anda juga bisa membedakan keduanya dari ekornya. Umumnya burung Kepodang memiliki ekor berwarna hitam, namun memiliki ciri khusus yang berwarna kuning di setiap sisinya. Pada sang jantan, warna kuning tersebut terlihat lebih meluas yang membuatnya terlihat lebih jelas. Berbeda dengan warna kuning pada ekor sang betinanya yang tampak lebih sedikit.

  1. Terlihat dari Pangkal Ekornya

Umumnya warna pangkal ekor sang Kepodang berwarna kuning cerah. Apabila warna pangkal ekornya tampak lebih jelas maka sudah dipastikan itu sang jantan, sedangkan warnanya yang sedikit kusam sudah pasti itulah sang betina. Cara membedakan Kepodang jantan dan betina lewat pangkal ekor memang terlihat mudah, namun dibutuhkan kejelian dan ketelitian yang tinggi.

  1. Dilihat dari Sayap

Jika masih diras sulit untuk membedakannya, cobalah melihat ciri lainnya seperti pada bagian sayap. Ketika diperhatikan dengan seksama, ternyata sayap Kepodang terdapat sebuah goresan berwarna kuning. Pada sayap sang pejantannya, garis kuning tersebut tampak melebar dan renggang. Sedangkan untuk sang betina, garis berwarna kuning tersebut terlihat menyempit dan lebih sedikit.

  1. Dilihat dari Bentuk Paruh

Lalu bagaimana jika telah mencoba berbagai cara membedakan kepodang jantan dan betina namun masih kesulitan menentukannya ? Jika memang merasa kesulitan membedakannya, silahkan perhatikan pada bentuk paruhnya. Khusus paruh pada sang jantan terlihat lebih rata dan memiliki warna merah muda menyala dibandingkan dengan sang betinanya. Hanya dengan melihat bagian paruhnya sekilas, kemungkinan anda sudah bisa membedakannya.

Terkenal sebagai burung pesole yang sering memamerkan warna hulunya yang indah, wajar saja jika burung ini banyak diburu oleh para pecintanya. Namun sayangnya jumlah populasinya terus menurun setiap tahunnya, sehingga satu ekornya dapat dipatok dengan harga tinggi. Meski demikian, tampaknya memelihara Kepodang bisa membawa segudang keutungan, mengingat masyarakt Jawa yang mempercayainya sebagai simbol kemakmuran.