GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Kenali Ciri-Ciri dan Penyebab Anak Autis Sejak Dini

 

Sebelum merencanakan kehamilan, sudah sepatutnya calon ibu mengenal penyebab anak autis beserta ciri-cirinya. Autisme sendiri merupakan gangguan perilaku yang membatasi minat penderitanya. Perkembangan otak yang terganggu menimbulkan autis.

Gangguan perkembangan otak pada anak akan memengaruhi kemampuannya dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Untuk mengenal autisme pada anak, ada beberapa ciri-ciri yang bisa dikenali. Apa saja itu?

Ciri-Ciri Anak Autis

Sebenarnya ada beragam ciri-ciri yang ditunjukkan oleh anak penderita autis. Secara umum, ciri-ciri anak autis, antara lain sulit berkomunikasi, sulit bersosialisasi, serta berperilaku kaku dan berulang. Meski demikian, diperlukan diagnosa oleh dokter untuk memastikan terjadinya autisme pada anak.

Sebenarnya ada banyak pendapat mengenai penyebab terjadinya autis. Sampai saat ini bahkan masih dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan hal-hal yang mampu menyebabkan autisme. Lantas, apa saja penyebab autisme pada anak?

Penyebab Anak Autis

Autisme diyakini terjadi karena kelainan genetik. Ada pula yang berpendapat bahwa faktor metabolik dan biokimia bisa menyebabkan gangguan spektrum autisme pada anak. Selain itu, para ilmuwan juga berpendapat bahwa bahan kimia bisa memicu terjadinya autisme.

Mengenal penyebab autisme pada anak adalah salah satu cara untuk mempersiapkan kehamilan. Dengan demikian, maka calon ibu bisa melakukan langkah-langkah untuk mencegah autisme pada anak. Menjaga pola hidup sehat bisa menjadi langkah penting untuk menekan risiko terjadinya autisme pada anak.