GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Tak Hanya Digunakan Orang Dewasa Saja, Yuk Intip Manfaat Propolis Untuk Kesehatan Anak

 

Manfaat madu untuk kesehatan memang tidak bisa diragukan lagi jika digunakan. Tetapi tahukah anda bahwa madu bukan satu satunya produk yang dihasilkan lebah? Ternyata lebah menghasilkan zat lainnya yang disebut propolis. Zat ini dapat dikonsumsi mulai dari balita, anak, orang dewasa, hingga lansia. Lantas apa manfaat propolis untuk kesehatan anak? Cek informasi berikut ini.

Asal Usul Bahan Alami Propolis yang Harus Anda Tahu

Propolis merupakan salah satu produk sampingan yang berbentuk berupa getah. Produk ini dihasilkan oleh pekerja madu dari bahan alami termasuk pohon, getah tanaman, hingga bahan botani lainnya. Untuk menghasilkan propolis, getah mengkombinasikan antara bahan alami yang ada di sekitarnya dengan bahan yang ada di dalam tubuh lebah.

Ketika lebah mencampurkan getah pohon dengan zat alami dari dalam tubuh, lebah akan menghasilkan senyawa lengket yang berwarna coklat. Hal ini digunakan untuk melapisi sarang lebah. Zat berwarna cokelat dan sedikit kehijauan tersebut yang dinamakan propolis. Karakteristik lainnya, propolis juga memiliki tekstur yang lebih lengket dari pada madu.

Awalnya lebah madu mengumpulkan getas dan bahan alami lainnya dari berbagai tanaman untuk melindungi dirinya. Zat tersebut digunakan untuk mengisi lubang lubang dan celah pada sarang mereka. Hal ini dilakukan lebah untuk melindungi sarang dari serangan dan ancaman dari luar, seperti mikroba, hewan pemangsa, hingga cuaca ekstrem.

Kandungan Nutrisi yang Ada Di Dalam Propolis

Kandungan getah yang dihasilkan lebah sangat bervariasi tergantung dari lokasi sarang dan jenis bunga atau pohon yang dihisap oleh lebah. Misalnya saja madu propolis dari benua Amerika tidak akan mengandung komposisi yang sama seperti halnya dari benua Eropa. Hal tersebut juga dibuktikan dengan hasil penelitian yang akan memperlihatkan kandungan nutrisi yang berbeda.

Nutrisi yang ada di propolis akan berbeda tergantung dari mana lebah tersebut berasal dan jenis tanaman yang menjadi sumbernya. Meski begitu, secara umum para peneliti menemukan lebih dari 300 jenis senyawa aktif yang ada di dalam herbal ini. Beberapa yang paling menonjol yaitu resin, serbuk sari, balsam, dan minyak aromatik (esensial) dan bahan alami lainnya.

Kebanyakan senyawa yang terkandung di propolis yaitu dalam bentuk flavonoid dan polifenol. Kedua senyawa tersebut termasuk antioksidan yang dapat membantu memperbaiki kerusakan pada sel sel tubuh dan melawan berbagai macam penyakit. Bahkan manfaat propolis untuk kesehatan anak juga bisa didapatkan dengan zat senyawa tersebut.

Obat herbal ini ternyata sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu dan dipercaya baik bagi kesehatan tubuh manusia, mulai dari anak anak hingga orang dewasa sekalipun. Manusia pada zaman peradaban kuno telah memanfaatkan propolis sebagai bahan yang membantu menyembuhkan dan mencegah berbagai macam penyakit tertentu.

Sejumlah orang menggunakan propolis untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga risiko terkena infeksi jadi lebih rendah. Beberapa infeksi yang bisa diatasi dengan bahan alami ini di antaranya adalah kutil, sariawan, gangguan pencernaan. Tidak hanya itu saja, zat pada getah lebah juga bisa mengatasi berbagai macam infeksi seperti infeksi saluran pernapasan hingga infeksi vaginitas.

Dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan, para ahli membuktikan bahwa sifat anti virus, anti jamur, dan anti radang dalam herbal ini mampu membantu perlindungan tubuh terhadap berbagai macam penyakit. Bahkan obat ini sangat aman digunakan bagi semua kalangan termasuk anak anak sekali pun.

Manfaat Yang Bisa Didapatkan Dari Penggunaan Propolis

Berkat senyawa kimia yang terdapat pada propolis, membuat bahan alami ini bisa digunakan untuk membantu memberikan perlindungan tubuh terhadap berbagai macam penyakit. Terutama pada anak anak yang masih rentan terhadap ancaman luar, seperti cuaca yang tidak menentu. Sebab imun pada anak masih dalam tahap perkembangan.

Akan lebih baik jika anak anda diberikan asupan secara alami dengan menggunakan propolis. Selain dapat menjaga sistem imun tubuh dan meningkatkannya, propolis juga bermanfaat sebagai anti inflamasi. Jika anak anda memiliki luka, bail luka bakar, maupun tergores benda tajam bisa diobati menggunakan propolis.

Pasalnya, bahan herbal alami ini memiliki senyawa khusus yang disebut dengan pinocembrin. Kandungan tersebut berfungsi sebagai anti mikroba dan anti radang. Sehingga luka yang ada pada kulit akan lebih cepat sembuh. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan manfaat propolis untuk kesehatan anak mampu mempercepat penyembuhan luka.

Studi tersebut membuktikan bahwa khasiat propolis dapat membantu mempercepat penyembuhan luka bakar dengan memperbarui pertumbuhan sel sel yang mati. Selain itu, ekstrak yang dioleskan pada luka lebih efektif mengurangi respon peradangan atau sel yang memperlambat penyembuhan luka. Hal ini juga dibuktikan pada produk yang dikembangkan oleh Ippho Santosa.

Tidak hanya itu saja, penyakit lainnya yang bisa diatasi dengan bahan alami ini yaitu herpes genital. Obat salep oles yang mempunyai kandungan propolis sebanyak 3% dapat mengurangi cold sores atau lenting pada penderita herpes genital. Selain mengurangi lenting, penggunaan bahan alami ini juga meredakan nyeri yang terjadi.

Bahkan sebuah penelitian membuktikan bahwa mengoleskan herbal ini sebanyak tiga kali dalam sehari akan meredakan nyeri tersebut. Penggunaan salep herbal ini juga mampu melawan secara efektif untuk melawan virus herpes dalam tubuh. Bukan hanya itu saja, senyawa baik yang ada di dalam propolis akan mencegah kambuhnya gejala penyakit tersebut.

Seperti yang sudah diketahui, anak anak memiliki daya tahan tubuh yang masih rentan. Sehingga biasanya terserang penyakit seperti sariawan , gangguan pencernaan, dan lain sebagainya. Beruntungnya, hal tersebut dapat diatasi dengan penggunaan propolis secara teratur. Baik dioleskan langsung pada lukanya maupun dikonsumsi secara langsung,

Berdasarkan sebuah penelitian diketahui bahwa propolis memiliki dampak positif yang terhadap kesehatan mulut dan gigi. Hal ini dikarenakan sifat anti radang dan anti bakteri herbal ini dapat mencegah pertumbuhan bakteri Streptococcus dan Candida. Dengan memberikan dosis yang tepat, maka manfaat propolis untuk kesehatan anak bisa didapat.

Berkat adanya senyawa kimia yang beragam pada kandungan propolis, membuat bahan ini dapat digunakan oleh semua kalangan termasuk anak anak. Sistem imun anak anak yang masih rentan bisa dilindungi dengan mengonsumsi propolis. Pasalnya terdapat berbagai macam zat baik, seperti anti inflamasi, anti virus, anti mikroba, hingga anti jamur.