GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Cara Bermain Ludo Game

 

Ludo merupakan satu di antara banyaknya permainan yang ada di dunia. Permainan tradisional ini tak pernah lekang oleh zaman dan masih ada hingga kini. permainan ludo terbuat dari papan atau kertas segi empat dengan petak-petak tertentu. Untuk memainkan permainan ini, dibutuhkan 2 hingga 4 orang pemain. Berikut ini cara bermain ludo game step by step yang bisa digunakan sebagai panduan untuk bermain!

  1. Persiapan

Sebelum mulai bermain ludo, Anda harus melakukan persiapan terlebih dahulu seperti mempersiapkan set permainan, memahami peraturan, dan mencari lawan main.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan set permainan. Untuk memainkan ludo, Anda membutuhkan papan atau kertas permainan khusus dengan empat petak besar yang berbeda warna. Kertas atau papan inilah yang akan menjadi area bermain. Selain kertas atau papan, Anda juga membutuhkan pion dan dadu.

Setelah mempersiapkan set permainan, pahami aturan mainnya. Aturan main ludo sangat sederhana, yaitu kotak besar adalah rumah bagi pion di mana pion keluar dan kembali. Pemain yang pionnya berhasil kembali ke rumahnya terlebih dahulu-lah yang menang.

Ludo tidak bisa dimainkan sendiri jadi Anda harus mencari lawan main. Jumlah pemain yang dibutuhkan untuk bermain ludo adalah 2-4 orang pemain, menyesuaikan dengan jumlah maksimal kotak besar yang ada di papan atau kertas.

  1. Mulai bermain

Setelah selesai melakukan persiapan, Anda sudah bisa mulai memainkan ludo. Namun, sebelum mulai menjalankan pion, tentukan terlebih dahulu giliran mainnya. Penentuan giliran main dapat dilakukan dengan banyak cara baik dengan batu gunting kertas, suit atau hom pim pah.

Jika giliran bermain sudah ditentukan, Anda dan lawan main bisa mulai menempatkan pion di dalam kotak besar yang menjadi area masing-masing dan melempar dadu berdasarkan giliran.

Langkah yang diambil pion sangat ditentukan dengan angka yang muncul pada saat melempar dadu. Namun, agar pion dapat keluar dari rumah-nya, pemain harus mendapatkan angka enam terlebih dahulu dari dadu yang dilempar. Jika angka yang keluar bukan enam, kesempatan melempar dadu akan diberikan ke pemain berikutnya tanpa bisa menggerakkan pion.

Jika saat melempar dadu yang muncul adalah angka enam, pemain yang melempar akan mendapat satu kesempatan lagi untuk melempar dadu. Artinya, pemain akan terus melempar dadu hingga angka yang muncul bukan angka enam. Angka tersebut akan dijumlahkan dan pion akan melangkah sesuai dengan jumlah angka yang muncul.

  1. Menangkan permainan

Untuk memenangkan permainan ludo, pion milik pemain harus mengikuti trek yang ada pada papan permainan kemudian kembali ke rumah masing-masing. Namun, dalam perjalanannya, ada banyak hal yang dapat terjadi. Salah satunya adalah menangkap pion lawan, main dengan tumpukan (blob) dan memasangkan pion.

Menangkap pion lawan dapat dilakukan jika pionAnda mendarat di atas pion lawan. Jika hal ini terjadi, pion lawan harus kembali ke rumah dan baru bisa keluar lagi jika pemain mendapatkan angka enam.

Selain menangkap pion, ada sebuah istilah dalam ludo yang dikenal dengan blob atau bermain dengan tumpukan. Tumpukan ini dapat terjadi pada pion dengan warna yang sama maupun berbeda warna.

Jika pion dengan warna yang sama mendarat pada satu petak, pemain hanya dapat menggerakkan pion pada lemparan dadu berikutnya. Tumpukan ini tidak bisa dilewati sehingga pion hanya bisa bergerak jika angka dadunya sesuai. Jika angka yang muncul lebih dari angka yang dibutuhkan, giliran melempar dadu akan bergeser pada pemain lain tanpa menggerakkan pion.

Jika yang terjadi adalah tumpukan campur, yaitu pion dengan warna berbeda menempati petak yang sama, semua pion pada petak tersebut harus kembali ke kandang atau rumah. Apabila permain ingin menghindari tumpukan, pemain dapat memasangkan pion dengan cara mendapatkan dadu yang pas untuk mencapai pion yang ingin dipasangkan.

Pion yang dipasangkan tidak akan bisa dipisahkan hingga sampai ke rumah atau keluar dari trek. Untuk mengeluarkan pasangan pion dari trek, lawan akan membutuhkan pasangan pion. Artinya, pasangan pion akan tetap aman dan tidak bisa ditangkap oleh pion yang tidak berpasangan.

Agar menang, pion harus dikembalikan ke rumahnya. Namun, angka yang didapatkan harus benar-benar sesuai dengan jumlah langkah yang dibutuhkan. Misalnya, saat pion hanya membutuhkan tiga langkah untuk masik ke rumah, tetapi angka yang muncul adalah empat, maka pion tidak bisa masuk ke rumah dan harus keluar rumah lagi satu langkah.

Sebagai game tradisional, kini ludo hadir dalam bentuk game digital yang dapat dimainkan menggunakan perangkat android. Cara bermain ludo game dapat ditemukan di https://www.segitekno.com/. Di situs https://www.segitekno.com/ inilah Anda dapat mencari berbagai informasi tentang ludo dan game lain. Selain itu, ada juga tips-tips gaming yang bermanfaat.