GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Cara Membersihkan Puting Saat Hamil

Menjaga dan merawat payudara adalah hal penting yang harus dilakukan oleh setiap ibu hamil hingga masa menyusui. Mengapa perawatan payudara menjadi hal yang penting bagi para ibu hamil? Karena payudara adalah tempat untuk menghasilkan ASI yang menjadi sumber makanan bagi bayi. Oleh sebab itulah, perawatan payudara perlu dilakukan sedini mungkin.

Merawat payudara saat hamil memiliki banyak sekali manfaat, seperti menjaga kebersihan puting susu, melenturkan puting susu sehingga bayi mudah untuk menyusu, merangsang produksi ASI supaya lebih lancar dan banyak, serta mempersiapkan mental si ibu untuk menyusui bayinya. Jadi, tidak heran jika banyak orang menyarankan untuk melakukan perawatan payudara sejak masa awal kehamilan.

Bagi Anda yang sedang hamil, baik di trimester awal maupun akhir, berikut ini adalah cara membersihkan puting saat hamil.

  1. Balurkan minyak kelapa ke kedua telapak tangan Anda.
  2. kompres bagian puting susu dan bagian kecokelatan di sekitar puting dengan menggunakan minyak kelapa selama kurang lebih 2 sampai 3 menit. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda untuk membersihkan kerak yang menempel pada puting susu. Anda tidak diperbolehkan untuk menggunakan alkohol karena dapat menyebabkan iritasi pada puting.
  3. Pegang kedua puting dan tarik kemudian diputar secara lembut ke arah luar dan dalam.
  4. Pegang bagian pangkal payudara menggunakan dua tangan dan diurut ke arah puting sebanyak 30 kali dalam sehari.
  5. Pijat bagian areola mamae sampai mengeluarkan satu atau dua tetes susu.
  6. Selanjutnya bersihkan kedua puting susu dan area payudara lainnya dengan menggunakan handuk kering yang bersih.
  7. Gunakan bra yang tidak terlalu ketat dan dapat menopak payudara. Tidak disarankan untuk menggunakan bra yang terlalu ketat ataupun menekan payudara selama Anda hamil.

Demikian cara membersihkan puting saat hamil yang bisa dilakukan oleh para calon mama. Pastikan Anda melakukan cara tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ya. Dengan begitu, maka kesehatan dan kebersihan payudara Anda tetap terjaga.