GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Cara membiasakan bayi tidur tanpa digendong

 

Ketika bayi sedang tidur, moms bisa melakukan pekerjaan lain seperti mandi, makan, mencuci, memasak dan lain sebagainya. Akan tetapi, menidurkan bayi menjadi salah satu kesulitan yang sering sekali moms alami. Apalagi jika bayi tidur harus digendong.

Bayi terkadang tidur tidak mengenal waktu. Terkadang si bayi tidur pada siang hari dan ketika pada malam hari si bayi sering terbangun, hal itu membuat moms kesulitan. Kami mempunyai beberapa cara membiasakan bayi tidur tanpa digendong yang bisa moms coba.

Langkah-langkah membiasakan bayi tertidur tanpa digendong

  1.   Buatlah suatu kebiasaan pada bayi sebelum tidur

Moms dirumah harus memberikan sebuah stimulus pada si bayi agar si bayi mampu membedakan antara siang dan malam hari. Moms bisa melakukan sebuah cara seperti mengganti baju si bayi dengan baju yang lebih hangat.

Kemudian moms bisa menempatkan si bayi ke tempat tidur yang memiliki suasana nyaman untuk tidur. Moms harus konsisten dalam membuat perubahan pada pola tidur si bayi selama beberapa waktu sampai si bayi terbiasa.

  1.   Membiarkan bayi menangis

Bagi moms semua cara ini memang cukup sulit dilakukan, karena terkadang bagi moms sangat sulit untuk melihat anak menangis tanpa menenangkannya. Metode ini dikenal dengan sebutan cry it out. Dimana moms harus meninggalkan si bayi yang menangis pada jangka waktu tertentu.

Sebagai awal percobaan, moms bisa menggunakan waktu selama 10 menit. Metode ini dipercaya bisa mengajarkan bayi untuk menenangkan dirinya sendiri serta belajar menentukan kapan si bayi harus tidur.

  1.   Menyiapkan suasana tidur untuk bayi

Perlu diingat moms jangan membiasakan bayi ketika sebelum tidur tergantung pada moms. Memberi bayi asi maupun susu formula sebelum tidur juga berisiko pada gangguan perut si bayi. untuk itu moms harus menyiapkan suatu suasana tidur untuk si bayi.

Moms bisa memasang lampu tidur untuk si bayi, dan ketika bayi sudah mengantuk segera letakkan bayi ditempat tidur ya. Moms juga bisa mengelus si bayi sampai ia tertidur.

  1.   Ajari bayi untuk tertidur di pelukan moms, tanpa harus digendong

Cara pertama moms gendong dan ayun si bayi hingga tertidur. Namun, sesaat sebelum si bayi benar-benar tertidur, berhenti mengayun dan moms duduklah dengan si bayi yang tetap berada dalam gendongan.

Kemudian secara perlahan letakkan bayi ditempat tidur. Jika si bayi protes, moms hanya perlu menepuk atau mengelus kecil bagian belakang tubuh si bayi agar tertidur kembali. Lakukanlah cara ini selama beberapa minggu sampai bayi mulai terbiasa.