GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Cara Mengganti Lampu Kolam Renang Tanpa Mengeringkan Air

Masih banyak orang yang belum memahami tentang cara mengganti lampu kolam renang. Padahal, caranya sangat mudah. Asalkan Anda memahami triknya, Anda bisa melakukan pergantian sendiri tanpa bantuan tukang.

Alasan Menempatkan Lampu Di Kolam Renang

Kolam renang merupakan fasilitas penunjang rumah yang sangat bagus. Keberadaannya bisa menciptakan kesan yang sangat luar biasa. Membuat pemiliknya semakin nyaman dan betah tinggal di rumah.

Sebagai penunjang desain, keberadaan kolam harusnya mampu memberikan tampilan yang sesuai dengan konsep. Pemilihan desain seperti yang didapatkan dari desain kolam renang kecil menjadi pilihan yang tepat.

Kemudian, jangan pernah lupa untuk memperbaiki penampilan kolam tersebut. Salah satu penunjang tampilannya ialah mengaplikasikan lampu pencahayaan. Lampu ini akan menimbulkan kesan kolam yang lebih berwarna, dan semakin baik ketika suasananya gelap seperti di malam hari.

Tidak hanya itu saja, penempatan lampu juga ditujukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Contohnya ialah menghindari kecelakaan saat melintasi area kolam.

Kemudian yang tak kalah penting, pengaplikasiannya ditujukan untuk meminimalkan kesan dari kolam renang yang tidak terawat. Kesan ini diperlukan untuk meminimalkan dari menurunnya esensi sebuah tampilan eksterior rumah.

Tampilan eksterior rumah yang menawan sudah cukup untuk membuat Anda semakin berbangga. Anda tidak lagi merasa bahwa rumah Anda tidak menarik. Dengan kata lain, rumah sudah sempurna dan siap menyempurnakan kualitas kehidupan Anda.

Penyebab Kerusakan Lampu Kolam Renang

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan lampu underwater mengalami kerusakan. Salah satunya ialah terjadi konsleting. Konsleting ini tidak hanya membuat lampu rusak, tapi bisa berbahaya lantaran berada di dalam kolam renang.

Selain hal tersebut, penyebab lainnya adalah membeli produk asal-asalan. Contohnya ialah menjual produk secara masal. Produk seperti ini tentunya memiliki kualitas yang kurang baik. Jika diaplikasikan, hampir pasti jika lampunya tidak bisa bertahan lebih lama.

Kemudian yang tak kalah penting, kerusakan lampu ini bisa disebabkan oleh masa pemakaian. Usia lampu yang terlalu lama pastinya akan mengurangi kecerahannya. Untuk itulah, Anda perlu memeriksanya dan segera melakukan pergantian.

Cara Mengganti Lampu Di Dalam Kolam Renang

Ketika lampu mengalami kerusakan, saatnya Anda melakukan pergatian. Pergantian ini dilakukan supaya tampilan kolam renang kembali bagus. Mampu menciptakan kesan yang luar biasa, sesuai dengan konsep rumah.

Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara mengganti lampu kolam renang? Untuk melakukan pergantian, Anda bisa melakukannya sendiri. Tentunya tanpa perlu menguras air di dalam kolam renang.

Langkah pertamanya ialah mempersiapkan bola lampu. Belilah lampu yang bagus kualitasnya. Ini bisa dibeli langsung di toko penjualan perlengkapan kolam renang.

Langkah keduanya ialah membuka baut yang menempelkan lampu dengan dinding kolam. Ini bisa menggunakan obeng. Di sini, bukalah dengan hati-hati agar tidak menimbulkan kerusakan pada dinding.

Langkah ketiganya ialah menarik dan membuka beberapa baut. Biasanya, lampu ini dilengkapi dengan kabel cukup panjang. Jadi, Anda bisa menariknya sampai ke atas bibir kolam renang.

Di sini, Anda tinggal membuka beberapa baut yang menempel pada lampu. Baut pengunci ini digunakan untuk merekatkan pelindung lampu. Biasanya cukup kuat lantaran ditujukan untuk meminimalkan masuknya air ke dalam area lampu utama.

Setelah itu, Anda bisa mengganti lampu seperti ketika mengganti bola lampu di rumah. Kembalikan pelindungnya, dan baut seperti semula. Langkah terakhirnya ialah mengembalikan posisi lampu di area dinding kolam dengan kencang.

Tips Memilih Lampu Untuk Kolam Renang

Lampu kolam renang mampu bertahan dengan baik jika kualitasnya juga unggul. Daya tahannya yang lama akan meminimalkan dalam pergantiannya. Meskipun harganya lebih mahal, tapi kualitasnya terjamin.

Dalam pemilihannya, kuncinya terletak pada jenisnya. Anda sangat disarankan untuk memilih lampu Led. Lampu yang dibutuhkan ialah lampu yang memiliki tingkat kecerahan lebih baik. Setidaknya, tingkat lumennya tinggi agar efisiensi pencahayaannya sempurna tanpa mempengaruhi daya listrik.

Perlu diingat bahwa lampu ini akan ditempatkan di dalam kolam renang. Terlalu tinggi tegangannya hanya akan membuat lampu cepat rusak. Kemudian, ini bisa sangat beresiko seperti kesetrum.

Menyadarinya, Anda disarankan untuk memasang lampu yang minim daya listrik tapi mampu menghasilkan cahaya yang maksimal. Kemudian peletakannya, baiknya di dinding dengan tinggi sekitar 50-75 cm dari dasar kolam.

Intinya, temukan lampu yang memiliki kemampuan pencahayaan lebih baik. Tempat beberapa sesuai dengan ukuran kolam renang. Jika mengalami kerusakan, Anda bisa menerapkan cara mengganti lampu kolam renang sebagaimana yang dijelaskan di atas.