GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Ciri-ciri bioma hutan gugur

Istilah bioma memiliki arti sebuah ekosistem khusus yang berskala besar dan terdiri atas flora dan fauna khas yang tidak dapat hidup di sembarang tempat. Adapun yang dimaksud dengan hutan gugur ialah hutan yang memiliki empat musim, yaitu musim panas, dingin, semi dan gugur. Apabila digabungkan, bioma hutan gugur ialah flora fauna yang dapat bertahan dalam hutan di wilayah yang mengalami empat musim.

Secara geografis, bioma hutan gugur terdapat pada 30 – 40 derajat garis lintang utara dan lintang selatan. Jenis bioma hutan gugur biasa terletak di Amerika Serikat, Asia Tenggara, Asia tengah, timur, Korea, Jepang dan Eropa.

Ciri-ciri bioma hutan gugur

Tanaman tidak terlalu beragam

Bioma hutan gugur memang memiliki beberapa jenis flora dan fauna saja yang sanggup bertahan dalam empat musim ekstrim tersebut. Oleh karenanya, tanaman di dalamnya pun tidak terlalu beragam sebagaimana hutan biasa.

Tanaman memiliki ciri khusus

Bioma hutan gugur memiliki bentuk fisik yang nampak berbeda misalnya pohon nya memiliki tinggi menjulang dan rata-rata berukuran sama namun bentuk daunnya tidak terlalu tebal. Selain itu, penanaman hutan gugur tidak di desain serapat hutan hujan tropis, sebab tumbuhan dalam hutan jenis ini hanya mendapatkan sinar matahari pada musim panas dan semi saja.

Memliki dua jenis struktur tanah

Hutan gugur memiliki dua jenis tanah dalam satu kawasan, yaitu lapisan alfisol dan ultisol. Alfisol merupakan struktur tanah yang memiliki kandungan nutrisi melimpah serta berasal dari uraian daun-daun yang gugur. Daun-daun ini kebanyakan gugur ketika musim dingin dan musim musim gugur.

Sebaliknya, ultisol merupakan struktur tanah yang sangat minim kandungan zat hara disebabkan bagian ini mendapatkan sinar matahari yang sangat minim. Wilayah tempat permukaan ultisol memiliki suhu yang lebih panas dan peningkatan iklim lebih tinggi. Meskipun begitu, wilayah ini banyak digunakan sebagai lahan pertanian oleh penduduk sekitar.

Demikian uraian singkat terkait Ciri-ciri bioma hutan gugur. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus mengikuti artikel-artikel menarik selanjutnya.