GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Daftar SEO Tools Gratis dan Berbayar Paling Direkomendasikan

SEO tools gratis adalah salah satu layanan yang kerap dipakai oleh para pemilik website. Dengan menggunakan SEO tools, pemilik website bisa meriset dan menganalisis keyword dengan mudah. Dengan demikian website yang dimiliki mampu bersaing untuk memperoleh peringkat yang tinggi pada hasil pencarian.

Menggunakan SEO tools gratis sangat cocok untuk para pemula yang baru terjun ke dunia website. Di internet ada beberapa tools gratis yang memberikan fitur terbaik dan berpengaruh terhadap SEO website. Untuk mengulas lebih jelas, berikut adalah daftar SEO tools gratis yang patut untuk dicoba.

4 SEO Tools Gratis Terbaik

Pixabay.com

Google Search Console

SEO tool yang pertama adalah Google Search Console. Untuk menggunakan tool ini, pemilik website hanya perlu memasukkan beberapa kode verifikasi. Tool ini memungkinkan pemilik website memonitor performa website pada SERP Google. Google Search Console juga dapat membantu analisis query yang membawa pengunjung ke website, beserta impression website, klik, dan posisi pada Google.

SpyFu

SpyFu adalah SEO tool yang menyediakan versi gratis dan berbayar. Tool ini mampu mengetahui berapa kali sebuah keyword dicari dalam sebulan. Dengan demikian, maka dapat dilakukan analisa web secara menyeluruh, termasuk memonitor organic keyword, klik bulanan, performa iklan, dan lain-lain. Keunggulan SpyFu adalah dapat memantau performa website kompetitor.

Answer the Public

SEO tool berikutnya adalah Answer the Public. Tool ini dapat membantu memutuskan topik yang harus dipilih untuk konten marketing. Caranya mudah, cukup masukkan sebuah keyword, maka tool ini akan menghasilkan daftar keyword berdasarkan fitur auto-suggest Google dan Bing.

SEOQuake

SEOQuake adalah tool yang unik karena datang dalam bentuk ekstensi browser, alih-alih halaman operasional. SEOQuake melakukan task SEO konvensional yang ringan dan efektif, sehingga memungkinkan melakukan audit SEO on-page untuk website sendiri atau pesaing. Selain itu, pemilik website bisa mengunduh data sebagai file CSV dengan mudah.

Selain tool gratis, ada banyak SEO tools berbayar di internet. Untuk menggunakannya, tentu pemilik web perlu mempersiapkan budget sesuai dengan tool yang digunakan. Berikut adalah daftar SEO berbayar yang sering digunakan pemilik website.

5 SEO Tools Berbayar Terbaik

Pixabay.com

Ahrefs

Ahrefs adalah tool yang sering digunakan untuk hal terkait SEO. Banyak ahli SEO yang menganggap tool ini sebagai tool SEO terbaik. Ahrefs mencakup semua hal yang seharusnya dimiliki oleh tool SEO. Hasil audit yang diberikan tool ini hadir dalam bentuk grafik yang mudah dimengerti.

Tool ini memiliki salah satu database backlink terbesar di internet, sehingga pasti memberikan rekomendasi kompetitif. Layanan per bulan SEO tool ini dibanderol seharga 99 USD. Namun, uang tersebut tidak akan sia-sia mengingat fitur mutakhir yang dimiliki.

KWFinder

KWFinder menawarkan layanan dengan harga yang relatif lebih rendah, yaitu seharga 29,08 – 79,8 USD per bulan. Setiap orang dapat dengan mudah menggunakan tool ini dari awal. Terlepas dari pelacakan peringkat, analisis backlink, dan fitur analisis SERP, KWFinder dikenal untuk mencari keyword long-tail yang memiliki persaingan tingkat rendah.

SEMRush

Tool berbayar berikutnya adalah SEMrush yang mencakup fitur SEO reguler seperti riset keyword dan analisis backlink. Pemilik website bisa dengan mudah membandingkan website sendiri dengan pesaing menggunakan fitur Domain vs. Domain.

SEMRush memiliki analisis strategi iklan yang dapat membantu dalam membuat atau mengoptimalkan strategi pemasaran digital. Fitur lain yang dimiliki SEMRush adalah SEO Writing Assistant yang dapat memberikan rekomendasi keyword saat menulis konten.. Harga bulanan tool ini dibanderol seharga 99,95 USD.

Accuranker

Accuranker berasal dari singkatan “accurate” dan “ranker.” Sesuai namanya, tool ini berfungsi untuk tracking dan memberi ranking keyword. Fitur tersebut berguna ketika untuk memahami keadaan konten marketing yang telah dibuat. Tool ini memiliki pembaruan reguler tool dan pembaruannya pun on-demand.

Selain secara otomatis mendapatkan laporan rutin setiap 24 jam, pemilik website dapat memperoleh perbaruan peringkat kapan saja dengan mengklik refresh. Harga layanan tool ini mulai dari 44,95 USD per bulan untuk tracking 600 keyword.

Copyscape

Copyscape dapat memindai web dan memberi tahu pemilik website jika ada konten lain yang mirip dengan konten website yang dimiliki. Kemudian, pemilik website dapat mengambil pertimbangan lebih lanjut mengenai masalah ini. Beberapa tindak lanjut yang bisa dilakukan, misalnya menghubungi pemilik situs atau bahkan mengambil tindakan hukum.

Dari daftar SEO tools gratis dan berbayar di atas, kira-kira mana yang paling menarik untuk dicoba? Apa pun yang dipilih pada dasarnya penggunaan SEO tools dimaksudkan agar website lebih SEO friendly. Selain menggunakan SEO tools, pemilik website bisa juga menggunakan layanan jasa, misalnya Atlanta SEO Company untuk membantu mengoptimasi website.