GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Tidak PD Karena Komedo Hitam? Yuk Intip Penyebab Dan Cara Atasinya

Masalah kulit wajah bisa hadir dalam berbagai macam hal. Mulai dari wajah yang tampak kusam, kotor, tidak sehat, munculnya jerawat yang memerah, hingga bintik – bintik hitam. Sudah pastinya hal tersebut bisa pengaruhi rasa percaya diri seseorang. Salah satu hal yang tidak bisa dibiarkan begitu saja adalah bintik hitam yang merupakan komedo hitam. Jika terjadi pada Anda, berikut ini adalah info penyebab dan cara atasi yang harus Anda ketahui.

Komedo Dengan Bentuk Bintik Hitam Yang Juga Disebut Komedo Terbuka

Pixabay.com

Cukup sering orang mengira bintik hitam pada wajah adalah kotoran yang menempel. Namun sebenarnya, bintik ini terjadi karena penyambatan minyak sebum dan sel kulit mati yang mengeras. Coba saja Anda raba dan rasakan dengan jari, bintik hitam ini tidak akan hilang hanya dengan menggosok saja. Hal ini dikarenakan posisinya yang ada di dalam pori. Bintik ini tampak dan terasa menonjol dengan warna gelap yang disebabkan paparan udara.

Bintik hitam ini sering kali muncul di bagian kulit wajah. Namun ternyata, bintik ini bisa juga muncul di kulit punggung, dada, dan bagian badan lainnya. Sebenarnya, bintik hitam ini disebut dengan komedo terbuka atau hitam. Mengapa? Karena warna hitam itu terjadi karena kulit di atas benjolan terbuka. Karena itulah, tidak heran jika bintik ini juga dikenal sebagai komedo hitam sebab berbeda dengan komedo putih yang masih tertutup dan berwarna putih.

Komedo Yang Disebabkan Keringat Dan Bakteri

Lalu mengapa bintik ini muncul? Salah satu penyebab utama adalah karena kulit berkeringat dan adanya penumpukan bakteri pada kulit. Jika Anda perhatikan, bintik hitam ini sering kali muncul pada permukaan kulit yang sering berkeringat. Seperti contohnya hidung, pipi, dan juga punggung. Selain itu, bakteri Propionibcaterium acnes yang menumpuk juga sebabkan bintik hitam. Jadi, keringat yang tersumbat plus bakteri pada kulit akan munculkan bintik ini.

Bintik Hitam Yang Muncul Karena Perubahan Hormon

Komedo atau bintik hitam juga bisa terjadi karena adanya perubahan hormon pada tubuh. Perubahan hormon tidak menentu bisa sebabkan meningkatnya produksi keringat dan minyak. Hal ini sering kali terjadi pada masa pubertas, remaja, menstruasi, menopause dan juga pada mereka yang konsumsi pil KB. Anda bisa buktikan sendiri. Sering kali masalah kulit seperti jerawat, wajah kusam, dan komedo hitam terjadi secara mendadak meskipun sudah coba dicegah.

Penyebab Lain Terjadinya Komedo Berwarna Hitam

Selain hal tersebut, komedo atau bintik hitam ini bisa juga disebabkan karena adanya iritasi pada folikel rambut. Bisa dibilang, pada setiap permukaan kulit terdapat rambut halus yang melapisinya. Iritasi yang terjadi bisa sebabkan bintik hitam ini muncul. Selan itu, komedo terbuka juga muncul karena konsumsi obat yang mengandung androgen, kortikosteroid atau litium. Agar kembali merasa PD, ada beberapa cara mengatasi yang bisa Anda coba.

Mengatasi Komedo Dengan Bantuan Resep Dokter

Tidak jarang muncul rasa gemas dan ingin menggaruk bintik hitam pada wajah. Jika Anda tidak ingin kulit wajah mengalami kerusakan, urungkan ide tersebut. Namun, bukan berarti Anda bisa diamkan keadaan kulit begitu saja. Bagi Anda yang sudah terbiasa, mungkin saja bisa langsung coba pakai obat skincare yang tersedia. Bagi pemula yang pertama kali menemukan komedo hitam, tidak ada salahnya untuk datang ke dokter untuk berkonsultasi.

Sering kali cara ini dilakukan jika obat perawatan kulit dirasa tidak efektif atau tidak memberi hasil apapun. Jika demikian, kemungkinan besar dokter akan beri resep obat yang lebih kuat. Biasanya, obat yang diberikan akan mengandung vitamin A, Benzoyl Peroxide atau semacam antibiotik. Zat tersebut mampu cegah penyumbatan dan mempercepat pergantian sel kulit. Setiap obat yang diberi akan bergantung dengan kondisi komedo yang dialami.

Menggunakan Obat Perawatan Kulit Yang Dijual Bebas

Sebenarnya cara ini adalah langkah pertama yang bisa Anda coba terlebih dahulu. Sudah banyak produk obat untuk komedo ataupun jerawat yang beredar di pasaran atau apotek. Dalam hal ini, tidak jarang Anda perlu coba dan melompat dari satu produk ke produk lain untuk cari yang paling efektif. Pada cara ini, Anda bisa coba obat dan produk skincare bebas yang dibuat khusus dengan kandungan asam salisilat, resorsinol ataupun benzoyl peroxide.

Obat tersebut sudah dirancang khusus untuk lawan komedo hitam. Kandungan yang dimiliki akan membunuh bakteri pada kulit. Selain itu, nantinya akan mengeringkan minyak atau sebum berlebih pada kulit sehingga pelepasan sel-sel kulit mati bisa berjalan lancar. Namun, perlu diperhatikan jika terjadi reaksi alergi pada kulit wajah. Apapun bentuk reaksi yang terjadi, seperti kemerahan, gatal, luka perih, dll., segera hentikan pemakaian dan konsultasi pada dokter.

Melakukan Terapi Laser Untuk Bunuh Bakteri dan Produk peeling

Sering kali masalah utama yang terjadi adalah produksi minyak berlebih dan adanya kuman pada kulit. Terapi laser dengan sinar yang kuat bisa jadi solusi untuk masalah ini. Laser akan mencapai bawah epidermis kulit, sehingga ampuh obati komedo tanpa lukai kulit luar. Terdapat juga produk yang bisa mengelupas kulit sel mati (peeling). Namun, penggunaan produk ini lebih baik di bawah anjuran dokter karena bisa sebabkan iritasi, dan komedo semakin parah.

Membersihkan Wajah Secara Rutin

Sebenarnya cara atasi komedo hitam terbaik adalah dengan membersihkan wajah secara rutin. Kebersihan kulit adalah inti dari semua cara yang sudah disampaikan. Penyumbatan bisa terjadi karena penumpukan sel kulit mati yang tidak dibersihkan. Dengan cuci muka tiap bangun dan sebelum tidur, setidaknya Anda sudah coba bersihkan minyak pada wajah. Cara ini juga lebih aman karena tidak perlu pakai kosmetik yang bisa picu reaksi alergi, iritasi, dll.

Pixabay.com

 

Itulah beberapa hal mengenai komedo terbuka yang tampak layaknya bintik hitam ini. Bintik hitam ini bukanlah debu yang menempel, namun sel kulit mati yang tidak bisa keluar dari pori. Karena itu pula cara mengatasinya pun tidak boleh sembarangan. Anda bisa coba atasi dengan cuci muka rutin, obat dari dokter, hingga lakukan terapi. Anda juga bisa gunakan Cream Bebwhite C Skincare glow sebagai skincare. Silakan Anda pilih sesuai kondisi dan kebutuhan.