GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Manfaat Sirih Hijau Untuk Kesehatan Tubuh Kita

 

Perlu diketahui bahwa daun sirih merupakan tanaman yang memiliki banyak kandungan air. Hal ini dikarenakan bahwa dalam tanaman daun sirih 85%-90% terdiri dari air. Maka dari itu tanaman daun sirih dikenal sebagai tanaman yang rendah kalori dan juga rendah lemak. Setiap 100 gram daun sirih hanya mengandung 44 kalori dan juga 0,4%-1% lemak. Selain itu setiap 100 gram daun sirih hijau juga mengandung 3 Protein, Iodin 3,4 mcg, Sodium 1,1-4,6%, Vitamin A 1,9-2,9 mg, Vitamin B1 13-70 mcg, Vitamin B2 1,9-30 mcg, serta Asam nikotinat 0,63-0,89 mg. Dengan melihat kandungan daun sirih dalam setiap 100 gram-nya, tersebut maka tidak dapat diragukan lagi bahwa daun sirih hijau ini merupakan tanaman yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Berikut merupakan 9 manfaat daun sirih hijau untuk kesehatan tubuh  :

  1. Dapat menurunkan gula darah

Daun sirih hijau memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat mengurangi stres oksidatif yang menjadi  penyebab kerusakan sel-sel dalam tubuh sehingga memicu hormon insulin menjadi tidak seimbang. Cara pengolahan daun sirih hijau untuk mengurangi penyakit diabetes dapat dikatakan sangat mudah. Hal ini dapat dilakukan dengan cara merebus daun sirih hijau dan meminum airnya rebusannya atau juga dapat dilakukan dengan menjemur daun sirih hijau hingga kering kemudian ditumbuk hingga menjadi bubuk yang kemudian dapat mengurangi kadar gula darah dalam tubuh.

  1. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah dalam tubuh

Saya dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang dapat menyebabkan penyakit stroke ,serangan jantung, dan hipertensi. Cara konsumsinya adalah dengan merebus 3-4 lembar daun sirih hijau kemudian air rebusan tersebut diminum 2 kali sehari

  1. Penangkal kanker

Seperti yang dikatakan tadi bahwa dalam daun sirih hijau mengandung banyak akan antioksidan salah satunya adalah antioksida eugenol yang dapat melawan radikal bebas sebagai pemicu tumbuhnya sel kanker pada penderita diabetes tipe 2.

  1. Membantu mengeringkan luka bakar pada kulit

Daun sirih merupakan tanaman antiseptik yang memiliki kadar polifenol untuk mengindari infeksi kuman pada kulit yang terluka.

  1. Mengendalikan gejala depresi

Salah satu cara untuk menghindari depresi adalah dengan memproduksi hormon bahagia atau serotonin dalam otak. Hal ini dapat dilakukan dengan cara meminum rebusan air sirih hijau ataupun mengunyah nya langsung.

Itulah  beberapa manfaat yang dimiliki oleh daun sirih hijau bagi kesehatan tubuh kita.