GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Mudah Dilakukan, Yuk Intip 4 Keuntungan Budidaya Cacing Sutera Di Rumah

Berternak cacing sutra atau rambut di rumah jadi pilihan banyak orang karena cukup mudah dilakukan. Tidak hanya itu, bahan yang dibutuhkan pun juga dapat ditemukan dengan murah dan mudah. Anda hanya perlu menyiapkan media budidaya yang sederhana dan memastikan debit air serta oksigen yang masuk ke dalam media tersebut. Oleh karena itu, peluang bisnis ini sangat besar. Budidaya cacing sutera di rumah sangat menguntungkan. Yuk simak di sini!

Keuntungan Ternak Cacing Sutra

  1. Permintaan yang Cukup Tinggi

Setiap akan membuka sebuah usaha, sangat penting bagi para pelaku usaha memperhatikan keuntungannya. Peternak cacing sutra ini harus mengetahui bahwa permintaan cacing ini sangat besar dan membludak. Pasalnya, kandungan gizi dalam cacing satu ini dapat membuat peternak ikan air tawar meraup hasil ternak yang berkualitas. Oleh karena itu, cacing sutra ini sangat dicari dan tidak pernah sepi peminat. Anda dapat memperoleh keuntungan yang tinggi.

  1. Modal yang Minim

Telah disebutkan sebelumnya bahwa modal yang dibutuhkan sangat minim, dengan hasil yang sangat besar. Tentu ini bisnis yang sangat menjanjikan untuk anda. Budidaya cacing sutera ini tidak perlu biaya awal yang besar, cukup mencari alternatif lain. Anda dapat memperoleh bibit cacing di area sawah dengan memperhatikan kualitasnya. Selain itu, media budidaya dapat memanfaatkan terpal atau kolam plastic. Hal ini sangat hemat daripada kolam beton.

  1. Budidaya yang Murah

Proses budidaya yang mudah dan murah memang menggiurkan, sehingga dapat dijadikan lahan mata pencaharian sampingan. Anda dapat memilih media ternak yang sederhana tanpa harus membuat kolan beton. Setelah itu, anda cukup menyiapkan air atau lumpur sebagai media tanam bibitnya. Untuk makanannya, anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih karena tidak harus diberi makan setiap hari. Air yang dibutuhkan pun tidak ada syarat khusus.

  1. Panen dan Berjualan Setiap Hari

Jika budidaya lain memiliki masa panen tertentu bergantung musim, salah satu keuntungan budidaya cacing sutera ini dapat dipanen setiap hari. Dengan begitu, anda juga dapat berjualan dan mendapat pemasukan setiap hari. Perawatan yang tepat dan pemberian makan yang baik hanya membutuhkan waktu 50 sampai 60 hari untuk masa panen. Itu masa awal budidaya yang dibutuhkan, lalu selang 10 hari sejak panen pertama anda sudah dapat panen untuk hasil kedua.

Bisnis yang cukup menggiurkan karena modal yang dibutuhkan sangat minim dengan hasil yang cukup memuaskan. Itulah keuntungan yang anda peroleh jika melirik peluang usaha ternak cacing jenis ini. Cacing jenis ini cukup mudah dikembang biakkan dengan rentang waktu yang cukup singkat, yaitu 50 sampai 60 hari. Tidak ada musim panen karena semua bergantung pada perawatan dan pemberian pakan yang tepat. Anda sudah dapat meraup keuntungan yang banyak.