GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Daftar Perguruan Tinggi Negeri Di Kota Makassar

Kota Makassar merupakan ibukota dari Provinsi Sulawesi Selatan. Kota Makassar adalah salah satu kota metropolitan terbesar yang ada di Kawasan Indonesia Timur. Selain terkenal dengan coto Makassar tempat-tempat wisata yang bagus untuk dikunjungi, kota ini juga menjadi salah satu tampat pendidikan yang maju. Hal ini terbukti dengan berdirinya banyak perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak pelajar dari berbagai wilayah menuntut ilmu di universitas di Makassar.

Perguruan tinggi negeri di Makassar

Pixabay.com

Kota Makassar memang memiliki perguruan tinggi atau universitas yang cukup baik, terutama pada kampus-kampus negeri. Hal tersebut membuat banyak orang rela berlomba-lomba dan merantau agar bisa masuk ke universitas terbaik yang ada di Makasssar. Kuliah memang menjadi salah satu tahapan penting dalam jenjang pendidikan, oleh karena itu anda perlu mempersipakan segalanya termasuk memilih universitas yang tepat. Nah berikut beberapa universitas di Makassar yang bisa anda pilih:

Urutan Universitas Unggulan Di Kota Makassar

  1. Universitas Hasannudin

Universitas Hasannudin, disingkat Unhas merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang berdiri pada 10 September 1956 di Jalan Perintis Kemerdekaan KM 10 Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Unhas sendiri merupakan kampus pengembangan dari Fakultas ekonomi UI (Universitas Indonesia) saat Bung Hatta masih menjabat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia. Perguruan tinggi ini Semula dibangun di Baraya yang kemudian dikenal dengan Kampus Baraya.

Namun, kemudian dipindahkan ke Tamalanrea pada awal tahun 1980-an saat Prof. Dr. Ahmad Amiruddin menjabat sebagai rektor. Kini kampus Unhas di Talmanrea menempati area seluas 220 hektare dengan dilengkapi berbagai fasilitas yang lengkap. Kemudian pada akhir 2006 Unhas menambah satu fakultas baru yakni Fakultas Kehutanan yang merupakan pemekaran dari Fakultas Pertanian dan Kehutanan. Kampus ini masuk juga dalam peringkat universitas terbaik di Indonesia.

  1. Universitas Negeri Makassar

Universitas Negeri Makassar yang kemudian disingkat menjadi UNM ini terletak di Jalan AP Pettarani, Tidung, Rappocini, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Awal berdirinya perguruan tinggi negeri ini tidak terlepas dari sejarah berdirinya Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Ujung Pandang. Sebelum berubah menjadi universitas, UNM merupakan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Hasannudin Makassar. Hal ini sesuai dengan keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) sejak 1 Agustuus 1961 sampai 31 Agustus 1964. Dalam perjalannnya, UNM telah mengalami perubahan nama dan status yang cukup sering. Seperti menjadi cabang  IKIP Yogyakkarta cabang Makassar pada 1 September 1964 sampai Januari 1965. Kemudian IKIP Makassar berubah nama menjadi IKIP Ujung Pandang pada 1 April 1972 karena mengikuti perubahan Kotamadya. Kemudian pada 4 Agustus 1999 status IKIP Makassar resmi berubah menjadi UNM sesuai keputusan presiden Nimor 93 tahun 1999.

  1. Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN Alauddin)

Salah satu perguruan tinggi islam yang terletak di Jalan Sultan Alauddin Nomor 63 Romangpolong, Somba Opu Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan dikenal dengan nama UIN Alauddin. Kampus ini awalnya bernama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Alauddin Makassar, kemudian status kelembagaannya berganti pada 10 Oktober 2005 menjadi UIN Alauddin. Peresmian pergantian status ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh presiden ke 5 Republik Indonesia, DR Susilo Bambang Yudhoyono di Makassar pada 4 Desember 2005. Setelah adanya perubahan status kelembagaan tersebut, UIN Alauddin telah mengalami perkembangan yang pesat. Kini kampus tersebut telah memiliki tujuh fakultas di Program Strata-1 dan satu Program pada Pasca Sarjana. UIN Alauddin Makassar berhasil menduduki peringkat ke 137 sebagai Perguruan Tinggi terbaik dari Kemenristekdikti. UIN Alauddin juga menjadi satu-satunya universitas yang menyelenggarakan Program Intensif Bahasa Asing (BIPA) di Makassar.

  1. Politeknik Negeri Ujung Pandang

Pixabay.com

Salah satu perguruan tinggi negeri vokasi yang berada di Kota Makassar Provinsis Sulawesi Selatan adalah Politeknik Negeri Ujung Pandang atau disingkat PNUP. Awalnya kampus ini bernama Politeknik Universitas Hasanuddin karena merupakan bagian dari Universitas Hasanuddin yang berdiri tahun 1987. Kemudian Politeknik ini akhirnya memisahkan diri dari Unhas dan beralih nama menjadi Politeknik negeri Ujung Pandang pada tahun ajaran 1996/1997. Saat ini PNUP dipimpin oleh direktur Prof. Ir. Muhammad Anshar, M. Si., Ph.D. PNUP memiliki 6 jurusan, yakni Jurusan Teknik elektro, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Administrasi Bisnis dan Akutansi. Jurusan tersebut kemudian terbagi menjadi 22 program studi dan 1 kelas kerja sama. PNUP juga memiliki 2 kampus yakni kampus I di Jalan Perintis Kemerdekaan  KM 10, sedangkan Kampus II BTP di Jalan Tamalanrea Raya Moncongloe Maros yang merupakan gedung perkuliahan untuk Jurusan Teknik Elektro, Akutansi, Administrasi Niaga/Bisnis yang mulai difungsikan untuk tempat perkuliahan mulai tahun 2014

Selain memilih universitas yang tepat, anda juga perlu menentukan  program penunjang pembelajaran yang tepat seperti Edutore. Ingat, kuliah bukan hanya sekedar ajang untuk bergengsi saja, namun menjadi sebuah tahap yang akan menentukan prospek karir anda di masa depan. Oleh karena itu segera siapkan segalanya mulai dari sekarang.