GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Apa Makna dari Tulisan Subhanallah Arab?

Islam merupakan agama yang mengatur secara detail tata cara peribadatan dan segala aspek kehidupan manusia. Hal terkecil seperti ucapan saat bahagia, sedih, marah, dll juga diatur dalam Islam. Oleh karena itu, umat muslim hendaknya belajar tentang hal apa saja yang ada dalam Islam.

Salah satu contohnya adalah kalimat tasbih. Secara bahasa, kalimat tasbih berarti pujian. Tasbih juga bisa diartikan sebagai suci. Sehingga, kalimat tasbih dapat berarti bahwa Allah itu Maha Suci dan tidak tercampuri oleh segala jenis kebathilan.

Kalimat tasbih merupakan salah satu ucapan dzikir yang diucapkan ketika sehabis sholat. Biasanya, kalimat tasbih diucapkan sebanyak 33 kali, kemudian digabungkan dengan kalimat tahmid dan takbir. Dzikir ini merupakan salah satu bentuk dzikir yang ada pada Islam. Sehingga, umat muslim diharapkan untuk melakukannya setiap saat terutama sehabis sholat wajib.

Kalimat tasbih juga sering diucapkan ketika melihat sesuatu yang tidak seperti biasanya. Ada salah kaprah pada penggunaan kalimat tasbih. Banyak orang yang menggunakan kalimat tasbih sebagai salah satu kalimat yang diucapkan ketika melihat sesuatu yang menakjubkan.

Akan tetapi, menurut beberapa riwayat hadits, kalimat tasbih justru digunakan ketika melihat sesuatu yang merujuk pada kemungkaran dan tidak sesuai dengan ajaran agama Islam. Hal ini sebagai penegasan bahwa Allah terhindar dari hal mungkar seperti itu. Kalimat tasbih juga sering digunakan saat mendengar kebohongan, penolakan, dll.

Belajar Bahasa Arab demi Kehidupan yang Lebih Baik

Pixabay.com

Bagi orang yang tidak mengerti bahasa Arab, maka ia akan kesulitan untuk memahami ajaran agama Islam. Sebagai contoh penggunaan kalimat tasbih yang dijelaskan dalam uraian di atas. Penggunaan yang salah kaprah atau tidak sesuai dengan makna tidak akan terjadi jika seseorang tersebut tahu bagaimana sifat bahasa Arab yang digunakan dalam ajaran agama Islam.

Bahasa Arab menjadi salah satu elemen penting dalam ajaran agama Islam. Hal ini dikarenakan semua kitab hukum tertinggi dalam agama Islam yaitu Al Qur’an dan Al Hadits menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa pengantarnya. Sehingga, pemahaman bahasa Arab yang baik akan membantu umat muslim untuk memahami agama Islam.

Selain itu, bahasa Arab juga digunakan sebagai bahasa resmi nasional oleh beberapa negara. Bahasa Arab digunakan sebagai bahasa resmi dan bahasa komunikasi sehari – hari terutama di negara – negara Timur Tengah dan sebagian Afrika Utara. Hal ini dikarenakan di sanalah bahasa Arab berasal.

Apabila kamu mempunyai keinginan untuk melanjutkan kuliah atau pendidikan tinggi ke negara – negara tersebut, kamu harus mulai belajar bahasa Arab. Beberapa universitas memberikan syarat kemampuan bahasa Arab sebagai salah satu kriteria untuk diterima sebagai mahasiswa maupun beasiswa. Sehingga, kemampuan untuk menguasai bahasa Arab menjadi sangat penting.

Belajar Bahasa Arab Secara Sistematis di Lembaga Pembelajaran Bahasa Arab

Pixabay.com

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang sangat penting dalam kehidupan sehari – hari. Sehingga, penguasan bahasa Arab menjadi penting terutama bagi seorang muslim, pelajar yang ingin kuliah di negara mayoritas Arab, dan juga pekerja di negara dengan bahasa resminya adalah bahasa Arab.

Akan tetapi, belajar bahasa Arab tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa di dunia yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Hal ini dikarenakan bahasa Arab menggunakan huruf yang berbeda dengan huruf latin. Satu perbedaan harokat atau tanda baca akan mengubah arti dari kata bahasa Arab tersebut. Selain itu, bahasa Arab juga memiliki tata kalimat yang sangat kompleks. Setiap kosakata dalam bahasa Arab memiliki proses pembentukan kata masing – masing. Sehingga, banyak orang yang kesulitan dalam belajar bahasa Arab.

Oleh karena itu, belajar bahasa Arab harus dilakukan secara sistematis dan urut. Sehingga, materi yang dikuasai akan lebih berurutan. Dan ketrampilan menggunakan bahasa Arab baik aktif maupun pasif akan lebih baik.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan belajar bahasa Arab di lembaga pembelajaran bahasa Arab. Materi yang diajarkan dalam lembaga tersebut tentu sudah disesuaikan dengan kebutuhan para siswa serta kemampuan para siswa. Sehingga, para siswa yang telah lulus dari lembaga pembelajaran bahasa Arab sudah memiliki kemampuan bahasa Arab yang mumpuni.

Ada banyak lembaga pembelajaran bahasa Arab yang bisa kamu pilih. Akan tetapi, jika ingin belajar pada lembaga pembelajaran bahasa Arab dengan kualitas terbaik, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan seperti kualitas staf pengajar, fasilitas yang disediakan, program belajar yang ditawarkan, serta lingkungan kondusif. Jika lembaga tersebut bisa memberikan layanan terbaik dalam setiap aspek, maka kamu bisa memilihnya sebagai tempat belajar.

Kamu bisa memilih salah satu dari lembaga kursus bahasa Arab Pare. Kota Pare memang terkenal sebagai pusat kampung Inggris. Akan tetapi, di kota Pare juga terdapat banyak lembaga kursus belajar bahasa Arab yang memiliki kualitas baik. Staf pengajar yang ada juga merupakan pengajar profesional di bidangnya. Selain itu, fasilitas yang memadai serta lingkungan yang kondusif juga menjadi salah satu kelebihan dari lembaga kursus belajar bahasa Arab yang ada di Pare.