GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Yuk Cari Tahu Beberapa Kondisi Mata Kering Mata Sayu

Dikatakan sebagai jendela dunia, pasalnya hanya dengan menatap mata seseorang kita dapat memperkirakan kondisi orang tersebut. Bahkan ketika seseorang tampak lelah yang menumpuk atau sekedar mengantuk, dapat menyebabkan mata kering mata sayu. Tentu saja kondisi tersebut terpancar jelas, terumata jika anda melihatnya lebih dekat. Berikut beberapa kondisi yang menyatakan seseorang membutuhkan istirahat lebih.

Beberapa Kondisi yang Mengatakan Jika Mata Tampak Lelah

  1. Mata Tegang

Kondisi mata tegang seringkali terjadi pada mereka yang kerap memandang layar dari smartphone ataupun laptop dalam jangka waktu lama. Ketika otot pada mata semakin tegang, secara otomatis pembuluh darah yang berada di dalam mata akan melebar. Akibatnya terjadi lonjakan aliran darah dan muncullah yang namanya lingkaran hitam. Inilah mengapa mata terlihat lelah dan tidak bertenaga sama sekali.

  1. Dehidrasi

Seseorang yang sedang kekurangan cairan atau lebih dikenal dehidrasi ternyata juga dapat terlihat pada matanya yang tampak lelah dan meredupkan cahaya kehidupan. Dikatakan demikian, pasalnya dehidrasi akan menurunkan volume darah hingga membuat jantung tidak bisa bekerja maksimal seperti biasanya. Ketika kondisi ini terjadi, tidak heran jika tubuh merasa kelelahan berlebih dan tampak pada mata yang lebih sensitif.

  1. Usia

Disadari atau tidak, munculnya lingkaran hitam ternyata dapat dikarenakan bertambahnya usia seseorang. Sebab tingkat elastis dan volume kulit yang terdiri dari lemak akan menghilang, serta adanya penurunan produksi kolagen dalam jumlah besar. Akibatnya kulit menjadi lebih tipis dan tidak terlalu elastis seperti ketika muda. Kondisi ini pula yang mempengaruhi mata kering mata sayu semakin terlihat jelas.

  1. Alergi

Alergi bisa terjadi pada berbagai bagian tubuh manusia, tidak terkecuali pada bagian mata sekalipun. Jika kondisi ini terjadi, alergi akan mengeluarkan histamine kimia yang membuat pembuluh darah mata menjadi lebih lebar. Secara tidak langsung, kondisi ini akan meningkatkan aliran darah menuju bawah mata. Histamine juga dapat menghasilkan rasa gatal hingga terjadi pembengkakan pada mata. Untuk meredakannya, silahkan kompres menggunakan air dingin.

  1. Pembuluh Vena yang Tampak Menonjol

Timbulnya lingkaran hitam kebiruan sebenarnya adalah darah yang kemudian teroksidasi di dalam jaringan vena yang terletak di bagian kulit bawah mata. Dalam kondisi tersebut, kulit di sekitar area mata akan menjadi sangat ringkih dan terlihat tipis. Inilah alasan mengapa darah bisa terlihat lebih jelas daripada seharusnya. Umumnya kondisi mata kering mata sayu ini semakin terlihat pada pagi hari.

Pernahkan anda mendapati kerabat atau anda sendiri memilki lingkaran hitam yang dilengkapi dengan kantung mata yang cukup tebal ? Meski seringkali dikaitkan dengan rasa lelah menumpuk, ternyata kondisi mata tertentu dapat menunjukkan beberapa informasi terkait kondisi kesehatan orang tersebut. Bahkan gaya hidup yang kurang sehat, dapat mempengaruhi bagaimana tampilan mata seseorang.