GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Bolehkah Ibu Hamil Berenang ?

Selain membutuhkan makanan dan minuman yang bergizi, ibu hamil juga memerlukan olahraga yang cukup untuk membantu memperlancar proses kelahirannya.

Namun demikian ibu hamil tidak sembarangan dalam melakukan semua olahraga. Ada beberapa olahraga yang dilarang bagi ibu hamil.

Diantara olahraga yang dilarang tersebut karena beberapa alasan antara lain mempunyai gerakan yang cepat, membuat kelelahan berlebih, serta adanya resiko benturan pada rahim.

Dengan melihat kriteria tersebut, maka olahraga renang menjadi olahraga yang favorit dan paling banyak di lakukan oleh ibu hamil.

Manfaat Berenang pada Ibu Hamil

Selain melakukan jalan kaki, berenang juga merupakan salah satu olahraga yang disarankan bagi ibu hamil. Hal itu karena berenang mempunyai manfaat antara lain :

Mempunyai resiko cedera yang relatif kecil

Berenang merupakan olahraga yang banyak dilakukan oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan memiliki resiko cedera yang rendah. Ketika berenang, tubuh ibu hamil akan terasa ringan sehingga mengurangi tekanan otot serta persendiannya.

Melancarkan proses kelahiran

Ketika seorang ibu hamil rutin melakukan olahraga renang maka akan membantu menguatkan otot-otot rahim dan sendi-sendi panggul. Hal ini akan menjadikan persalinan menjadi lebih mudah dan aman.

Memperkuat nafas

Manfaat lain dari renang yaitu akan membentuk otot-otot ibu hamil menjadi lebih lentur. Ibu hamil tidak akan merasa mudah lelah dan capek.

Disamping itu berenang juga membuat nafas menjadi lebih teratur.Dengan memperkuat nafas maka akan membantu proses mengejan pada saat persalinan tiba.

Mengurangi resiko gangguan pada janin

Biasanya ibu hamil akan mudah merasa lelah yang dampaknya akan menaikkan suhu tubuh. Kenaikan subuh ini akan beresiko terutama pada kondisi janin. Dengan melakukan renang maka akan membantu menstabilkan kondisi suhu tubuh.

Itulah beberapa manfaat yang sangat baik bagi ibu hamil ketika melakukan olahraga renang. Akan tetapi walaupun begitu, ibu hamil juga harus hati-hati saat berada di kolam renang.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi ibu hamil, terutama yang akan melakukan aktivitas berenang.