GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Bunda Jangan Panik, Yuk Simak Cara Mengobati Anak Muntah Karena Masuk Angin

Masuk angin adalah salah satu kondisi dimana badan terasa lelah, merasa kembung hingga keseringan buang angin. Tak hanya orang dewasa, anak kecil pun bisa mengalami masuk angin. Anak yang masuk angin biasanya akan disertai dengan muntah dan selalu rewel. Memberikan obat untuk si kecil tentu bukan solusi yang tepat untuk dilakukan. Anda bisa menggunakan bahan alami sebagai cara mengobati anak muntah karena masuk angin.

Tips Mengobati Anak yang Muntah Karena Masuk Angin

1 Sup Ayam

Jika anak muntah karena masuk angin, maka bunda jangan panik dulu. Anda bisa memberikan makanan yang hangat untuk dikonsumsi anak sehingga meredakan masuk angin. Sup lebih dari obat tradisional, bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa sup ayam memiliki sifat antiinflamasi. Temperaturnya yang hangat juga berfungsi sebagai vaporizer yang akan membantu untuk melonggarkan lendir di saluran hidung.

  1. Menghangatkan Tubuh si Kecil

Ketika si kecil masuk angin, maka bunda bisa memberikan pertolongan pertama dengan menghangatkan tubuh si kecil. Gunakan minyak kayu putih atau balsam untuk anak untuk mengatasi masuk angin tersebut. Usapkan pada area punggung, dada, perut, pergelangan dan juga telapak kaki. Biasanya menghangatkan si kecil saat masuk angin akan membuat si kecil lebih nyaman saat tertidur.

  1. Menggunakan Bawang Merah

Ketika anda hendak menghangatkan tubuh si kecil, bunda bisa mencampurkan bawang perang yang telah digeprek. Bawang merah sendiri juga sudah digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi masuk angina pada si kecil. Bahkan orang dewasa yang terkena masuk angina pun akan menggunakan bawang merah sebagai kerokan. Anda juga bisa menggunakan bawang merah tersebut untuk si kecil dengan porsi yang lebih sedikit.

Pasalnya memberikan terlalu banyak bawang merah juga memiliki dampak yang buruk untuk si kecil. Cara untuk menghangatkan tubuh si kecil dengan bumbu dapur ini adalah mencampurkan geprekan bawang merah dengan minyak kayu putih. Anda bisa mengoleskannya di punggung, dada dan juga perut si kecil. Lakukan dengan perlahan sehingga si kecil akan merasa lebih hangat setelah muntah.

  1. Memberikan Minuman Jahe

Jahe memiliki khasiat yang bagus untuk menghangatkan tubuh baik untuk orang dewasa maupun anak kecil. Obat herbal satu ini dipercaya mampu mengatasi masuk angin, meredakan pusing, mual, muntah, batuk dan mengurangi gangguan pencernaan. Anda bisa menyajikan jahe dengan segelas teh hangat atau membuat minuman jahe yang telah direbus dengan gula merah. Cara mengobati anak muntah karena masuk angin dengan jahe ini dinilai lebih efektif dan mampu membuat si kecil tenang.

Masuk angin memang penyakit ringan, namun menimbulkan keadaan tubuh yang tidak nyaman jika dibiarkan. Apalagi jika si kecil masuk angin, tentu mereka akan rewel dan sulit untuk didiamkan. Anda bisa mencoba melakukan beberapa cara untuk menyembuhkan masuk angin si kecil baik dengan menggunakan minuman jahe atau bawang merah untuk si kecil. Dengan begitu si kecil akan lebih tenang dan bisa tidur lebih nyenyak sembari menunggu tubuh pulih kembali.