GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Penyebab Terjadinya Mata Kuning Pada Anak Bayi

Coba lihat bagian sklera atau bagian putih pada bola mata anak bayi kamu. Apa warna bagian tersebut putih jernih atau malah berwarna kekuningan? Bila bayi kamu mengalami keadaan misalnya mata kuning, ini perlu segera di waspadai secepat mugkin.

Penyebab mata kuning pada anak masih bayi merupakan tanda adanya beberapa penyakit tertentu. Oleh sebab itu jangan dianggap remeh bila bayi kamu mengalami hal ini.

Beberapa penyebab mata kuning pada anak bayi

  1. Bilirubin yang tinggi

Bayi yang baru lahir sampai berumur 12 hari umumnya aka mengalami kuning atau jaudince sebab adanya kadar bilirubin yang terdapat di dalam darah yang tinggi. Warna kuning akan nampak di seluruh tubuh bayi tetepai pada bagian sklera mata akan lebih nampak dengan jelas sebab warna dasarnya yang putih. Jaudince ini dapat disembuhkan dengan melakukan fototerapi atau melakukan terapi sinar ultraviolet dan memberikan bayi cukup banyak ASI.

  1. Pankreatitis

Penyebab lain mata bayi bisa kuning ialah adanya penyakit pankreatitis atau radang pankreas. Penyakit ini merepakan infeksi yang terjadi di pankreas yang mengakibatkan pankreas menjadi bengkak, sakit di perut dan penyakit kuning dan dapat berpengaruh terhadap warna mata dan juga kulit. Untuk mencegah terjadinya komplikasi pasien akan di rawat dengan perawatan khusus.

  1. Ikterus obstruksi

Adanya sumbatan pada saluran empedu yang menuju pada usus halus. Masalah ini dapat menimbulkan pembengkakan pada organ hati, radang serta kuning di kulit. Ada potongan-potongan yang seperti kerikit bisa terbentuk di dalam kantong empedu. Bila saluran empedu tersebut temsumbat oleh batu empedu. Ini akan mengakibatkan bilirubin tinggi di darah dan dapat menyebabkan warna kuning pada mata.

  1. Kelainan darah

Penyebab warna mata kuning pada bayi yaitu adanya kelainan darah yang mengakibatkan sel darah merah mudah pecah. Pecahnya sel darah merah ini membuat pemecahan hemoglobin sampai menjadi heme dan globin. Yang akan membuat heme berubah menjadi bilirubin, karena pembentukan biliubin itulah yang membuat warna mata menjadi kuning pada anak bayi.