GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Langkah dan Cara Mencuci Motor Yang Benar, Wajib Masbro Coba!

Bukan hanya untuk menjaga kebersihan serta memberikan kesan penampilan elegan, mencuci sepeda motor memang mampu mencegah kerusakan. Cara mencuci motor yang benar dengan berkala akan mampu menangani beberapa bagian secara lebih mudah dan hemat. Dibandingkan membersihkan sebagian besar lumpur yang telah mengering pada body motor secara lama.

Dengan membersihkannya secara bertahap tentu saja motor akan mampu berjalan lebih lancar. Terutama pada bagian rantai yang seringkali menangkap kotoran lebih banyak. Jika tidak dibersihkan pastinya akan menimbulkan resiko Ketika Masbro sedang menjalankan perjalanan.

Bagi Masbro yang kurang memiliki waktu, tentunya membersihkan motor haruslah mencari hari khusus. Terutama pada bagian yang sulit sekali dijangkau oleh tangan. Kebersihan motor tersebut haruslah maksimal untuk memacu kendaraan yang digunakan setiap hari tersebut menjadi lebih nyaman.

Untuk itu tahapan dan juga langkahnya pun juga harus sesuai prosedur. Tidak hanya asal diguyur air ataupun disemprot dengan cairan pembersih. Masbro memang harus lebih teliti untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Beberapa Cara Mencuci Motor Yang Benar

Untuk membersihkannya bisa juga menggunakan produk pembersih sepeda motor yang sudah tersedia di toko. Namun panduan mengenai beberapa jenis peralatan untuk mencuci motor yang lebih tepat memang juga harus Masbro pahami. Apalagi sejumlah orang memang memiliki preferensi baik dari segi alat maupun produk pembersih motor yang sudah banyak dijual.

Sebenarnya untuk cara terbaik bisa menggunakan spon pembersih dan juga sikat. Yang mana dua alat tersebut memang lebih memberikan jangkauan lebih dibanding memakai lap serta mengusapnya dengan tangan. Berikut ini bagaimana cara paling mudah menggunakan dua alat yang dimaksud.

  1. Menggunakan Spon Pembersih

Jika Masbro menggunakan spon pembersih yang paling penting adalah memilih jenis spon yang akan digunakan. Pilihlah spon yang memiliki ketebalan dan juga halus untuk mengusap pada semua bagian motor. Menyediakan beberapa sekon juga sangat diperlukan untuk menangani beberapa jenis noda membandel yang menempel di bagian body motor.

Terlebih dahulu silakan mencuci body utama motor dan kemudian pada sisi kerangka memakai campuran air dengan sabun cuci motor. Untuk melakukan hal itu silakan Masbro memulai dari bagian depan hingga ke belakang. Sesudahnya pada bagian atas kemudian ke bawah.

Apabila terdapat noda membandel misalnya seperti lumpur kering, tempelkanlah pada bagian spon yang agak kasar pada bagian noda selama beberapa menit. Hal ini untuk melunakkan noda yang sedikit membandel supaya tidak menggores bagian cat body motor.

Setelah spon yang kotor sudah membersihkan noda, siapkanlah spon bersih untuk tahapan berikutnya. Fungsinya adalah membersihkan beberapa sisa noda yang masih menempel.

Kemudian silakan membilasnya dengan menyemprotkan air bersih. Gunakanlah air selang dengan kekuatan tinggi, langsung Arahkan saja pada bagian yang sedang ingin dibersihkan.

  1. Memakai Sikat Gigi atau Kuas

Masbro juga bisa menggunakan sikat untuk membersihkan sisi lain dari kotoran yang menempel pada sepeda motor. Bukan hanya untuk mempermudah semua pekerjaan ketika mencuci motor saja. Karena sikat memang memiliki kemampuan bisa menjangkau semua celah sempit dan juga melindungi beberapa bagian motor yang sensitif.

Pada bagian cakram rem, pegas peredam guncangan juga bisa dibersihkan memakai sikat. Masbro bisa menggunakan sikat berbulu lembut supaya tidak menggesek bagian cat terlalu dalam. Silakan memakai sikat bekas ataupun sikap cuci piring. Bisa juga menggunakan kuas cat yang ukurannya lebih besar.

Pemakaian sikat juga bisa digunakan untuk membersihkan bagian knalpot dan mesin motor. Tetapi untuk melakukan pengikatan juga harus menunggu bagian tersebut dingin. Selama ini bagian yang lebih panas memang seringkali membuat kotoran lebih kuat menempelnya. Dengan kata lain Masbro juga harus lebih meluangkan waktu untuk membersihkan pada bagian ini.

Sikat juga bisa digunakan untuk membersihkan bagian rantai motor. Oleskan terlebih dahulu beberapa cairan pembersih pada sisi rantai motor. Dengan menggunakan sikat maka kotoran yang ada di sela-sela rantai motor akan mudah dibersihkan.

Jangan lupa Masbro juga harus membersihkan plat nomor, ban, pijakan kaki, stMasbror, spatboard dan pelat nomor. Asalkan tidak mengikatnya dengan kuat tentu saja karet pada bagian ini tidak akan terkelupas.

Sentuhan Paling Akhir Saat Membersihkan Motor

Setelah semua hal diatas dilakukan, maka pada bagian akhir adalah memoles motor supaya lebih merata. Langkah-langkah adalah sebagai berikut ini.

  • Silakan menggunakan lap motor yang memiliki bahan plas chamois atau lembut. Hal ini bertujuan untuk lebih maksimalnya memulas pada bagian body sepeda motor. Dengan menggunakan lap yang lebih halus tersebut tentunya bercak air yang sudah mengering setelah pembilasan bisa lebih maksimal. Di laut cat pada body motor pun seakan-akan kembali lebih bersih.
  • Silakan memanfaatkan beberapa produk pemoles roda hmtc. Tetapi jangan langsung menyemprotkan produk tersebut langsung pada bagian roda. Semprotkan lah pada lap kemudian baru oleskan kepada bagian roda. Ada aturan pakai dari setiap produk yang sudah Masbro beli. Buktikan sendiri dan lakukan beberapa tes untuk melihat hasilnya.
  • Yang paling akhir adalah mengoleskan sedikit pelumas pada bagian rantai. Hal tersebut bertujuan untuk mengembalikan pelumas ataupun menggantikan beberapa pelumas yang sudah luruh ketika Masbro melakukan proses pencucian.

Mungkin itulah beberapa cara mencuci motor yang benar yang bisa Masbro pelajari. Lakukanlah secara rutin agar mendapatkan warna body motor seperti baru kembali. Semoga bermanfaat!