GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Daftar Jurusan Unnes dan Cara Pendaftaranya

 

Universitas Negeri Semarang atau dikenal dengan nama Unnes adalah perguruan tinggi Negeri yang menyelenggarakan pendidikan dari level diploma hingga doctor. Unnes termasuk universitas yang memiliki reputasi baik. Kampus utamanya terletak di kabupaten Semarang dan kampus lain berlokasi di Tegal. Unnes memiliki beberapa program studi dan jurusan yang tersebar di banyak fakultas.

Fakultas Dan Program Studi Di Unnes

Unnes sudah berdiri sejak era kolonial belAnda hingga periode awal kemerdekaan. Perguruan tinggi ini berawal dari sekolah keguruan lalu berkembang menjadi IKIP Semarang. Setelah itu, ikip berubah menjadi universitas dan beberapa fakultas baru bermunculan. Simak ulasannya berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut.

  1. Fakultas Ilmu Pendidikan.

Fakultas ini memiliki program studi murni terkait pendidikan. Mereka adalah Pendidikan Luas Sekolah, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Paud, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Bimbingan Dan Konseling, dan Psikologi.

 

  1. Fakultas Teknik

Perkembangan teknik sangat cepat dan Unnes mempersiapkan mahasiswa untuk mampuĀ  bersaing di era global. Fakultas teknik terdiri dari jurusan kependidikan dan non kependidikan. Perbedaan keduanya ada pada mata kuliah pedagogik dan pembelajaran serta kedalaman materi dan praktek terkait teknik itu sendiri.

 

Prodi kependidikan terdiri dari Pendidikan Teknik Elektro, Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, Pendidikan Teknik Mesin, Pendidikan Teknik Otomotif, dan Pendidikan Teknik Bangunan. Selanjutnya, fakultas teknik menaungi prodi terkait dengan jurusan di SMK non teknik seperti Pendidikan Tata Boga, Tata Busana, Dan Tata Kecantikan.

 

  1. Fakultas Bahasa dan Seni

Fakultas berikutnya adalah bahasa dan seni. Jika Anda mempunya ketertarikan di bidang tersebut, tempat ini adalah pilihan yang tepat. Secara umum, program studi terdiri dari jurusan dengan lulusan menjadi guru dan program studi umum.

 

Program studi terkait kependidikan adalah Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Seni Musik, Pendidikan Seni Tari, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Daerah, Pendidikan Bahasa Jepang, Pendidikan Bahasa Jawa, Pendidikan Bahasa Jepang, dan lainnya.

Untuk bidang non kependidikan, program studi yang ada hampir sama dengan kependidikan. Contohnya adalah Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Desain Komunikasi Visual, Sastra Jawa, Seni Rupa, dan Sastra Prancis.

 

  1. Fakultas Ilmu Keolahragaan

Fakultas selanjutnya adalah Ilmu Keolahragaan. Jurusan di fakultas ini antara lain Pendidikan Guru PISD, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, dan Kesehatan Masyarakat. Program studi utama adalah pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi.

 

  1. Fakultas Ilmu Sosial

Unnes juga menyelenggarakan program studi di bidang ilmu sosial. Sama dengan fakultas teknik dan bahasa, program studi terdiri dari keguruan dan non keguruan. Jurusan berhubungan dengan kependidikan adalah Pendidikan Sosiologi Antropologi, Pendidikan PKn, Pendidikan Geografi, dan Pendidikan Sejarah. Non kependidikan terdiri dari Ilmu Politik, Geografi, dan Ilmu Sejarah.

 

  1. Fakultas Ekonomi

Fakultas selanjutnya di Unnes adalah Fakultas Ekonomi. Program studi yang ada diantaranya Ekonomi Pembangunan, Manajemen Perkantoran, Manajemen, dan Akuntansi. Jurusan untuk kependidikan adalah Pendidikan Ekonomi Administrasi, Koperasi, dan Akuntansi.

 

  1. Fakultas Matematika Dan IPA

Fakultas MIPA di Unnes mengalami perkembangan pesat setelah berubah dari ikip ke universitas. Sebuah bidang memiliki dua jurusan yaitu pendidikan dan non kependidikan. Sebagai contoh, bidang matematika terdiri dari matematika murni dan pendidikan matematika.

 

Program studi di fakultas ini yang berhubungan dengan pendidikan adalah Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, Pendidikan IPA, dan Pendidikan Fisika. Jurusan non kependidikan terdiri dari program studi Matematika, Biologi, Teknik Informatika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Selain itu, fakultas ini juga memiliki jurusan Statistik Terapan dan Komputasi untuk level diploma tiga.

 

  1. Fakultas Hukum

Sebagaimana fakultas di universitas lain, Fakultas Hukum tidak memiliki banyak jurusan atau program studi. Unnes hanya menyelenggarakan program studi hukum secara umum. Setelah memasuki beberapa semester, mahasiswa akan memilih spesialisasi masing-masing.

 

  1. Program Pascasarjana

Unnes menjadi rujukan untuk melanjutkan kuliah setelah lulus strata satu. Beberapa program studi tersedia untuk level strata dua atau magister dan strata tiga atau dokter. Contoh program, studi S2 adalah Pendidikan Matematika, Pendidikan Geografi, Pendidikan Seni, Pendidikan Dasar, dan lainnya. Level strata tiga terdiri dari Manajemen Kependidikan, Pendidikan Bahasa, dan Pendidikan Olahraga.

Pendaftaran dan biaya kuliah di Unnes

Pendaftaran mahasiswa baru di Unnes menggunakan seleksi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Siswa yang masih sekolah di sma dan sederajat bisa mengajukan nilai raport untuk mengikuti snmptn. Kuota di level ini cukup besar. Jika tidak berhasil, mereka bisa mencoba lagi di SBNPTN. Seleksi ini merupakan tes tertulis berskala nasional. Siswa bisa mengikutinya di berbagai lokasi. Tes tidak harus datang langsung ke kampus Unnes di Semarang.

Selain kedua cara tersebut, masih ada beberapa pendaftaran mahasiswa yang tersedia. Untuk level strata dua dan tiga, seleksi dilakukan secara mandiri. Mahasiswa wajib memenuhi semua persyaratan dan mengikuti tes termasuk juga wawancara.

Biaya kuliah di Unnes menggunakan sistem UKT. Mahasiswa mendapatkan angka UKT sesuai dengan kriteria dan kategori kondisi ekonomi mereka. Unnes juga menyiapkan berbagai beasiswa untuk menunjang pembiayaan. Jumlah UKT adalah tetap selama masih menjadi mahasiswa di Unnes.