GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Fungsi Toefl

Sejak tahun 1950 toefl sudah mulai berdiri, pada waktu itu toefl digunakan sebagai alat ukur dalam bidang bahasa inggris bagi seseorang. Seseorang yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi hingga tingkatan master, perlu memiliki nilai toefl. Biasanya negara negara yang mengadakan tes toefl untuk masuk ke universitas handal seperti Amerika, Amerika Serikat hingga Kanada. Tidak berbeda jauh dengan saat ini, penggunaan toefl hingga kini dimaksudkan sebagai alat uji untuk mengukur kemampuan bahasa inggris seseorang yang hendak mendapatkan beasiswa untuk kuliah baik didalam negeri maupun di luar negeri. Itu artinya keberadaan toefl sangat dibutuhkan oleh mahasiswa setelah lulus dari sarjana.

Jika anda ingin mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri, tidak bisa dilakukan dengan sembarangan saja. Harus memiliki bekal dan persiapan yang matang, sehingga saat terdapat pengumuman beasiswa kuliah di luar negeri anda sudah memiliki persiapan yang matang. Salah satunya dengan mempersiapkan diri mengikuti tes toefl. Bagaimana pelaksanaan dan apa fungsi toefl yang harus anda ketahui. Ya, semisalnya anda ingin meneruskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, sejak sekarang sudah harus mencari tahu informasi dan syarat apa sajakah yang dibutuhkan. Khususnya bagi anda yang ingin mendapatkan beasiswa. Syarat yang diajukan berupa tes toefl tentu tidak mudah dan gampang di dapatkan begitu saja. Anda harus mengikuti tes terlebih dahulu. Sedangkan kita tahu bahwa tes toefl tersebut tidak mudah begitu saja, atau cukup sulit.

Beberapa Lembaga Yang Digunakan Untuk Tes Toefl

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, jika dalam bahasa inggris terdapat empat skill yang harus anda kuasai. Diantara ke empat skill tersebut yakni listening, reading, speaking hingga writing. Sama ujian toefl diperlukan untuk mengujur sejauh mana kemampuan anda di bidang bahasa inggris yang mencangkup ke empat skill tersebut. Hanya saja dalam tes toefl materi yang ditambah materi struktur. Dimana anda harus membenarkan tata bahasa yang dinilai salah dalam suatu kalimat. Pada dasarnya jika sebelumnya anda masih merasa kesulitan dalam bidang bahasa inggris. Mungkin kalimat toefl akan terasa sulit dan asing terdengar di telinga anda. Dan itu mengapa diperlukan kursus tertentu untuk melatih anda belajar bahasa inggris dengan benar dan mengikuti instruksi.

Anda bisa menemukan beberapa lembaga yang menyelenggarakan bimbingan toefl dan skill bahasa inggris lainnya di Indonesia. Tetapi anda harus memilih jenis lembaga mana yang valid atau sudah diakui keberadaannya. Misalnya lembaga kursus bahasa inggris di Indonesia yang sudah diakui seperti Britis council. Sebuah lembaga yang sudah diakui keberadaannya untuk melakukan uji kemampuan seseorang di bidang bahasa inggris, khususnya dalam melaksanakan tes toefl. Tes toefl tersebut dilakukan untuk mendapatkan beasiswa bagi yang ingin mendaftar kuliah di Amerika Serikat. Selanjutnya ada juga jenis lembaga bimbingan international education spesialis. Merupakan lembaga kursus yang diberlakukan secara resmi oleh pemerintah. Untuk jenis lembaga yang satu ini bisa diikuti oleh seluruh warga Indonesia dimanapun berada. Terkait dengan biaya pendidikan bisa menyesuaikan dengan skill yang anda inginkan.

Selanjutnya ada kursus bimbingan toefl internasional test center atau ITC. Merupakan sebuah lembaga bimbingan khusus di bidang bahasa inggris. Di lembaga tersebut anda bisa melakukan tes toefl dengan basis IBT. Namun untuk kursus yang satu ini biaya yang diperlukan cukup mahal hingga dua juta setengah. Ada juga lembaga bimbingan bahasa inggris academik dan general training. Lembaga yang satu ini tekait biaya hampir sama dengan lembaga yang lainnya, yakni berkisar dua juta lebih. Namun materi yang diberikan pun tidak main main pula. Semua tutor konsisten dalam membimbing serta materi bimbingan pun disesuaikan dengan standar uji tes.

Tes Toefl Sebagai Syarat Melamar Kerja

Bahkan di beberapa perusahaan pun memerlukan toefl sebagai syarat agar diterima kerja lamaran seseorang. Dengan adanya toefl, perusahaan bisa menilai sejauh mana kualifikasi dari pelamar kerja tersebut. Apakah cukup memuaskan atau justru sebaliknya. Namun, pada umumnya jika penggunaan toefl bisa dinyatakan jika pelamar kerja memiliki kualitas yang bagus di bidang bahasa inggris. Tidak hanya bagi pekerja saja fungsi toefl pun bisa digunakan bagi pekerja yang sudah ada di tempat kerja tersebut atau perusahaan. Sebagai persyaratan untuk menaikkan promosi atau jabatan tertentu. Umumnya perusahaan yang menginginkan nilai toefl yakni perusahaan yang berbasis internasional atau perusahaan besar seperti BUMN.

Selain pada perusahaan besar seperti BUMN, pelamar hanya akan dipastikan dengan uji tes interview langsung menggunakan bahasa inggris. Pelamar tidak harus memiliki sertifikat toefl namun dengan sertifikat toefl pelamar akan memiliki nilai plus tersendiri saat di interview. Pastikan sebelum anda melamar sebuah kerja di salah satu perusahaan terlebih dahulu anda harus memiliki bekal dan pesyaratan yang bagus juga lengkap. Jika anda sudah melengkapi setiap syarat yang diberikan, kemungkinan besar anda akan diterima di sebuah perusahaan tersebut. Namun, jika anda belum memiliki kualifikasi yang disebutkan lebih baik anda untuk  mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu termasuk untuk mengikuti tes toefl dan sekaligus bimbingannya dnegan baik.