GS

Jangan hanya bermimpi, barengi juga dengan tindakan nyata.

Model Dinding Rumah Kayu dan Keunggulannya

Sekarang ini material kayu banyak dijadikan alternatif untuk mengganti batu bata sebagai bahan konstruksi bangunan. Rumah kayu dengan suasana klasik kini banyak disukai masyarakat. Apalagi dinding rumah kayu terlihat lebih elegan.

Kesan mewah dan keren menjadi alasan beberapa orang menyukai material kayu untuk hunian atau rumah. Material yang satu ini dapat dipasang dengan mudah pada konstruksi bangunan. Selain itu, kayu juga bisa dipadukan dengan material lain seperti batu-batuan, kaca, dan lain sebagainya.

Model Dinding Kayu dengan Keunggulannya

  1. Model Sederhana yang Tampil Alami dan Sejuk

Bagian dinding dari rumah kayu memiliki tampilan yang cukup sederhana. Biasanya berupa papan kayu atau kayu palet yang direkatkan dengan posisi horizontal. Kayu menutup seluruh bagian dinding yang tampil indah dan unik. Jenis kayu yang digunakan untuk dinding pun sangat beragam.

Anda bisa memilih jenis kayu untuk bagian dinding rumah sesuai kebutuhan. Namun secara keseluruhan, material kayu untuk dinding ini sangat bagus untuk memberikan suasana sejuk di dalam rumah. Hal tersebut diperoleh dari kayu yang memang dikenal sebagai isolator alami untuk mengatur suhu dalam rumah.

  1. Desain Dinding Kayu yang Artistik

Material kayu untuk menutup bagian dinding dapat menggunakan segala jenis kayu. Namun yang paling bagus tentu dengan menggunakan kayu yang memiliki corak dan motif lebih padat. Beberapa jenis kayu kualitas unggul biasanya memiliki motif yang bagus dan padat seperti kayu jati.

Papan kayu dengan motif alaminya ini bisa langsung dipasang pada bagian dinding. Tidak perlu tambahan dekorasi lainnya bagi Anda yang menginginkan kesan alami. Dinding kayu yang sederhana ini memberikan nilai lebih pada bangunan yang tidak bisa didapat dari material lain.

  1. Dinding Kayu yang Ringan

Permukaan dinding dari rumah kayu minimalis sering menarik perhatian dari kesan alam dan tampilannya yang terlihat mewah. Material ini juga menjadi salah satu bahan yang ringan untuk rumah. Selain itu, kayu bisa menjadi salah satu material bangunan yang lebih hemat biaya.

Beberapa jenis kayu kualitas unggul memang mahal, namun ada banyak pilihan kayu yang lebih terjangkau. Alternatif kayu selain jati untuk mempercantik dinding rumah sangat banyak seperti mahoni, kayu nangka, dan lain sebagainya. Tampilannya bagus dengan bobot yang lebih ringan dari material lain.

  1. Dinding yang Dapat Menyerap Suara

Material kayu sering dipilih untuk menutup dinding pada bangunan studio musik. Hal tersebut karena sifat alami dari kayu yang menjadi peredam suara lebih baik dari material bangunan lainnya. Rumah kayu yang seluruh bagian dindingnya ditutup material alami ini akan memiliki suasana lebih tenang di dalamnya.

Cocok untuk Anda yang tidak suka keramaian atau suasana bising. Material ini bisa menjadi salah satu yang layak dipertimbangkan. Bagian dalam rumah kayu akan lebih tenang karena suara bising dari luar akan diserap sehingga suara yang masuk ke dalam rumah akan lebih rendah.

  1. Dinding Kayu yang Kokoh

Kayu memiliki beragam keunggulan untuk dijadikan material bangunan rumah. Seperti yang ada pada rumah kayu minimalis dengan tampilannya yang terlihat kokoh. Warna alami kayu yang cokelat gelap memberikan kesan elegan tersendiri untuk hunian Anda.

Selain itu, kayu memiliki sifat yang lebih elastis dari material lain seperti batu bata atau batako. Hal tersebut membuat daya tahan rumah kayu lebih baik pada daerah-daerah yang rawan gempa. Guncangan kuat biasanya akan merobohkan bangunan batu bata atau batako, tetapi rumah kayu mampu bertahan lebih lama.

  1. Harga Jual yang Tinggi

Tidak hanya dinding, bangunan rumah yang menggunakan material kayu memiliki keunggulannya tersendiri. Salah satunya adalah harga jual yang tinggi. Rumah dengan dinding kayu memiliki tampilan mewah dan elegan yang menarik bagi banyak orang untuk memilikinya.

Kini dengan tren green house atau rumah ramah lingkungan, membuat rumah kayu memiliki harga jual yang tinggi. Banyak orang yang tertarik apalagi beberapa jenis kayu terkenal dengan kualitasnya yang sangat bagus.

  1. Dinding Rumah yang Mudah Didekorasi

Bagian dinding rumah yang menggunakan kayu memang terlihat indah dan cantik bahkan tanpa sentuhan dekorasi lain. Namun untuk Anda yang ingin lebih, bisa memberikan dekorasi-dekorasi pada dinding kayu sesuai keinginan.

Dekorasi yang bisa cocok untuk dinding kayu adalah lukisan pemandangan atau hewan. Lukisan tersebut dapat menambah kesan alami dari dinding atau rumah kayu. Sudut-sudut dinding tertentu juga bisa ditambahkan cermin besar agar terlihat lebih lapang.

Itulah beberapa model dinding rumah kayu dan keunggulannya. Tentunya masih banyak cara untuk menambah kesan hangat dan alami di dalam rumah dengan memanfaatkan dinding berlapis kayu ini. Namun yang tidak boleh terlupakan adalah untuk rutin merawat bagian permukaan kayu tersebut agar lebih awet.